Masuk Top 99, ASI 5 Pilar Nganjuk Ikuti Lomba KIPP

Masuk Top 99, ASI 5 Pilar Nganjuk Ikuti Lomba KIPP Pj Bupati Nganjuk Sudjono saat memberikan paparan dalam lomba KIPP di Jakarta. Foto: BAMBANG /BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu daerah yang masuk pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Sebagai daerah yang memiliki inovasi yang diperhitungkan, Nganjuk masuk dalam TOP 99 terbaik se-Indoneaia.

Peserta KIPP yang diikuti sebanyak 2.824 peserta dilaksanakan di ruang rapat Sriwijaya II, Kanton Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Jakarta.

Pada sesi penilaian, Pj Bupati Nganjuk Drs Sudjono MM memberikan presentasi sekaligus pemaparan tentang inovasi Kabupaten Nganjuk di bidang kesehatan di hadapan 8 tim panelis independen.

Tim Panelis Independen itu terdiri dari para pakar di bidangnya, yakni Suryo Pratomo (Pemred Metro TV), Neneng Gunadi (Direktur Accenture Indonesia), Wawan Sobari (Pengamat Politik UB), Eko Prasojo (Wakil Menteri PAN-RB), JB Kristiadi, Nurjanah Mochtar, R. Siti Zuhro (Peneliti LIPI), dan Tulus Abadi (Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Paparan yang disampaikan Pj Bupati Nganjuk Sudjono terkait "Pondasi 5 pilar tentang pemberdayaan dan pelibatan organisasi untuk dukungan ASI 5 pilar".

Kehadiran bupati pada seleksi tersebut juga didampingi oleh Kepala Puskesmas Nganjuk Dr. H. Ilham Pramudani, Camat Nganjuk Tri Wahyu Kuntjoro, S.Sos., MM., Kepala Dinas Kesehatan Nganjuk dr. Achmad Noeroel Cholis, sekaligus jajarannya.

Dalam kesempatan ini Pj. Bupati menyampaikan keresahan Masyarakat Nganjuk terhadap maraknya pemberian susu formula kepada bayi yang seharusnya menerima ASI Eksklusif. Karena itu pemerintah di bawah Dinas Kesehatan mencanangkan program Pondasi 5 Pilar: Pemberdayaan dan Pelibatan Organisasi Masyarakat untuk Dukungan ASI 5 Pilar. 

5 Pilar Kegiatan itu sendiri adalah Pilar 1 Internalisasi Program, Pilar 2 Dukungan Kebijakan, Pilar 3 Intervensi Kegiatan di Masyarakat, Pilar 4 kegiatan di fasilitas Pro ASI, patuh 10 langkah keberhasilan menyusui, dan Pilar 5 Dukungan Mitra (TP PKK); Ormas (Aisiyah, Muslimat); Organisasi Profesi (IBI, RSUD Nganjuk) dan juga pihak swasta.

"Saya berharap inovasi ASI 5 pilar bisa menjadi motivasi bagi ibu menyusui di indonesia," kata Sudjono memberikan paparnya. (bam/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Jelang Lebaran, Pemkab Nganjuk Gelar Gerakan Pangan Murah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO