Selasa, 18 September 2018 23:20

Memasuki Musim Kemarau, BPBD Tuban Mulai Droping Air Bersih

Rabu, 11 Juli 2018 20:08 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Memasuki Musim Kemarau, BPBD Tuban Mulai Droping Air Bersih
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Memasuki awal musim kemarau, sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban mulai mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban mulai gencar melakukan distribusi (droping) air bersih ke desa-desa terdampak kekeringan.

"Droping air bersih sudah mulai kita lakukan, kemarin penyaluran di Kecamatan Semanding dan Kecamatan Grabagan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono, Rabu (11/7).

Pihaknya mengaku telah melakukan pemetaan daerah berpotensi terjadinya kekeringan yang tersebar di tujuh kecamatan yakni, Kecamatan Semanding, Grabagan, Kerek, Parengan, Bangilan, Senori, dan Jatirogo.

"Dari pengalaman tahun lalu ada 26 desa dan 7 kecamatan mengalami krisis air bersih. Ini kita pantau terus mengingat saat ini baru memasuki awal musim kemarau, kemungkinan bertambah desa terdampak sangat mungkin sekali," imbuh Joko.

Lebih lanjut, Joko memprediksi puncak musim kemarau tahun ini terjadi pada Agustus mendatang. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih menghemat penggunaan air bersih.

"Masyarakat harus berhemat dalam penggunaan air bersih. Apabila membutuhkan pasokan air bersih langsung mengajukan kekecamatan setempat untuk dilaporkan ke BPBD agar segera bisa diberikan dropping air," pungkasnya. (gun/rev)

Suparto Wijoyo
Senin, 17 September 2018 22:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEMOKRASI sejak mulanya adalah kerumunan yang meneguhkan kekuatan tanda kuasa sedang digumpalkan. Rakyat terlibat langsung untuk mengatur penyelenggaraan negara kota (polis) yang skala kepentingan maupun wilayahnya tidak seleba...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Minggu, 16 September 2018 18:57 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wisata susur sungai sekarang sudah ada di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Destinasi wisata susur sungai bernama Wisata Tubing ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebuda...