Minggu, 18 November 2018 18:17

Memasuki Musim Kemarau, BPBD Tuban Mulai Droping Air Bersih

Rabu, 11 Juli 2018 20:08 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Memasuki Musim Kemarau, BPBD Tuban Mulai Droping Air Bersih
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Memasuki awal musim kemarau, sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban mulai mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban mulai gencar melakukan distribusi (droping) air bersih ke desa-desa terdampak kekeringan.

"Droping air bersih sudah mulai kita lakukan, kemarin penyaluran di Kecamatan Semanding dan Kecamatan Grabagan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono, Rabu (11/7).

Pihaknya mengaku telah melakukan pemetaan daerah berpotensi terjadinya kekeringan yang tersebar di tujuh kecamatan yakni, Kecamatan Semanding, Grabagan, Kerek, Parengan, Bangilan, Senori, dan Jatirogo.

"Dari pengalaman tahun lalu ada 26 desa dan 7 kecamatan mengalami krisis air bersih. Ini kita pantau terus mengingat saat ini baru memasuki awal musim kemarau, kemungkinan bertambah desa terdampak sangat mungkin sekali," imbuh Joko.

Lebih lanjut, Joko memprediksi puncak musim kemarau tahun ini terjadi pada Agustus mendatang. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih menghemat penggunaan air bersih.

"Masyarakat harus berhemat dalam penggunaan air bersih. Apabila membutuhkan pasokan air bersih langsung mengajukan kekecamatan setempat untuk dilaporkan ke BPBD agar segera bisa diberikan dropping air," pungkasnya. (gun/rev)

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Minggu, 18 November 2018 03:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wayad’u al-insaanu bialsysyarri du’aa-ahu bialkhayri wakaana al-insaanu ‘ajuulaan (11).Ayat studi ini mengingatkan, betapa watak dasar manusia itu tak sabaran, maunya segera terwujud ap...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...