Rabu, 21 Agustus 2019 06:31

DPRD Kota Blitar Siap Bangun Pasar Legi Pakai APBD

Minggu, 08 Juli 2018 19:19 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
DPRD Kota Blitar Siap Bangun Pasar Legi Pakai APBD
Dua tahun pasca kebakaran melanda 2016 lalu, Pasar Legi Kota Blitar belum tersentuh perbaikan.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dua tahun pasca kebakaran melanda 2016 lalu, Pasar Legi Kota Blitar belum tersentuh perbaikan. Padahal Pemerintah Kota Blitar sudah mengajukan anggaran perbaikan kepada pemerintah pusat sekitar Rp 50 miliar.

Namun hingga kini, belum ada kejelasan usulan anggaran perbaikan Pasar Legi yang diajukan Pemkot Blitar.

Kondisi ini membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar bereaksi. 

Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Totok Sugiharto mengatakan, karena tak kunjung mendapat balasan dari pemerintah pusat, anggaran pembangunan Pasar Legi dimungkinkan bakal menggunakan APBD 2019. 

Saat ini pihaknya masih menghitung kemampuan dana alokasi umum yang bisa digunakan untuk pembangunan Pasar Legi.

"Kita hitung kemampuan anggaran APBD 2019 untuk pembangunan Pasar Legi. Baik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Alokasi Umum (DAU)," ungkap Totok Sugiarto, Minggu (8/7/2018).

Lebih lanjut Totok menjelaskan, pihaknya juga akan melihat kebijakan umum anggaran yang akan diajukan Pemerintah Kota Blitar, baru kemudian dipelajari. Hal itu karena setiap pelaksanaan kegiatan dan program harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran. 

"Melihat kemampuan anggaran yang dimiliki Kota Blitar, kita optimis pembangunan Pasar Legi bisa menggunakan APBD 2019," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Blitar Ariyanto. Menurutnya, Pasar Legi merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Blitar. Keberadaannya menjadi salah satu penggerak ekonomi kerakyatan di Kota Blitar, sehingga Pemkot berupaya agar Pasar Legi berfungsi seperti sediakala.

Menurut dia, jika anggaran untuk pembangunan Pasar Legi yang diusulkan ke Pemerintah Pusat tidak cair, maka pihaknya akan mengusulkan penganggarannya pada APBD 2019 mendatang. 

"Kita akan usulkan menggunakan APBD jika anggaran dari pusat tak kunjung cair, agar Pasar Legi berfungsi seperti semula," jelas Ariyanto.

Pasca kebakaran, sejumlah pedagang Pasar Legi saat ini berjualan di kios sementara yang berada di halaman pasar dan di sekitar lokasi parkir pasar. (ina/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...