Warga Ngoro Jombang Pelihara Ikan Raksasa Arapaima

Warga Ngoro Jombang Pelihara Ikan Raksasa Arapaima  Kolektor saat memberi makan Arapaima di kolam. Foto: RONY S/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sejak 5 tahun yang lalu, Masudin (45), warga Dusun Ketanen, Desa Banyuarang, Ngoro, memelihara ikan Arapaima. Di kolam miliknya, kini terdapat 5 ekor ikan air tawar terbesar di dunia tersebut.

Pria yang berprofesi sebagai terapis tuna rungu ini mengaku mendapatkan ikan langka tersebut dari beberapa kolektor di Jawa Timur. Harganya mencapai puluhan juta rupiah.

Di dalam kolam seluas 5x5 meter persegi dan kedalaman 1,5 meter tersebut, ada 5 ekor ikan berukuran sebesar paha orang dewasa. Ya, inilah ikan Arapaima yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan karena muncul di Sungai Brantas wilayah Mojokerto dan Sidoarjo.

Masudin mengaku sudah memelihara ikan air tawar terbesar di dunia itu sejak tahun 2013 silam.

Setiap hari, ia memberi makan ikan-ikan raksasa itu dengan lele-lele yang diambil di timur rumahnya, dibantu pegawainya. Dengan lahap, ikan Arapaima penghuni kolam Masudin memangsa lele-lele tersebut.

Masudin mengatakan dalam sehari, ia menghabiskan 10 kg ikan lele untuk memberi makan ikan Arapaima miliknya. Masing-masing ikan Arapaima bisa menghabiskan 2-3 kg ikan lele.

"Awalnya 9 ekor, sekarang tinggal 5 ekor, yang lainnya sudah mati karena memakan plastik yang dibuang oleh pengunjung (keluarga pasien tuna rungu, red)," kata Masudin, Jumat (29/6/2018).

Masudin mengungkapkan, ada 2 jenis ikan Arapaima di kolam milik Masudin. Dari 5 ekor yang dipelihara, 3 di antaranya jenis Panda. Jenis Arapaima yang satu ini mempunyai warna sisik yang lebih cerah, yaitu kehijau-hijauan.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO