Di Kota Blitar, Gus Ipul-Puti Ungguli Pasangan Khofifah-Emil

Di Kota Blitar, Gus Ipul-Puti Ungguli Pasangan Khofifah-Emil Pasangan Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Perolehan suara pasangan Cagub- Cawagub nomor urut 2 Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno di Kota Blitar mengungguli paslon Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Berdasarkan hasil rekapitulasi sementara KPU Kota Blitar dari pengumpulan formulir C1, Gus Ipul-Puti mengumpulkan 46.790 suara atau 60,13 persen. Sedangkan pasangan Khofifah-Emil memperoleh 31.023 suara atau 39,87 persen.

Jumlah tersebut dari 249 TPS dengan total pengguna hak pilih di Kota Blitar sebanyak 79.828 suara. Rincianya, suara sah sebanyak 77.823 suara dan suara tidak sah 2.584 suara.

"Hasil ini masih sementara berdasarkan formulis C1 tang dikumpulkan dari tiap TPS, artinya hasil masih bisa berubah. Hasil pastinya menunggu proses rekapitulasi dari KPU. Hari ini mulai rekapitulasi di tingkat PPK," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Blitar, Mashudi, Kamis (28/6/2018).

Mashudi mengatakan partisipasi pemilih di Kota Blitar pada Pilgub Jatim lumayan bagus. Partisipasi pemilih mencapai 73,09 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Blitar sebanyak 110.255 jiwa. Tetapi, jumlah itu lebih kecil dibandingkan partisipasi pemilih pada Pilwali pada 2015 lalu. "Waktu Pilwali lalu, partisipasi pemilih lebih dari 75 persen," ujarnya.

Hasil sementara ini pun ditanggapi partai pengusung kedua paslon. Kata Wakil Ketua DPC PDIP Kota Blitar Zaenal Efendi, kemenangan Gus Ipul-Puti di Kota Blitar menunjukkan sinergi luar biasa antara nasionalis dan religius. Hal ini juga tak lepas dari rekam jejak Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar sekaligus ketua DPC PDIP Kota Blitar yang meskipun tengah ditahan Komisi Penberantasan Korupsi (KPK), namun semangatnya memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti tetap diingat warga Kota Blitar.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO