Dispendukcapil Pacitan Diserbu Ribuan Pemohon Adminduk

Dispendukcapil Pacitan Diserbu Ribuan Pemohon Adminduk Suasana di ruang tunggu Dispendukcapil Pacitan. (ist)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sudah dua hari ini Dispendukcapil Pacitan diserbu ribuan pemohon adminstrasi kependudukan (adminduk). Kedatangan para pemohon seakan tak terbendung. Bahkan ruang tunggu pelayanan penuh sesak dipadati masyarakat dari segala penjuru.

Sampai-sampai, bangku ruang tunggu tak tersisa diduduki pemohon. Banyak dari masyarakat yang harus rela berdiri berjam-jam untuk menyelesaikan pengurusan adminduknya.

Kepala Dispendukcapil Pacitan Supardianto mengatakan kantornya dipadati pengurus adminduk rata-rata sekitar tiga ratus orang sejak dua hari lalu. Mereka mengurus berbagai keperluan, mulai KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, surat pindah, serta keperluan lainnya.

"Pemohon terus bertambah dalam dua hari ini. Dimungkinkan sampai sepekan ke depan akan terus membludak," jelasnya, Rabu (27/6).

Membludaknya animo pemohon adminduk, lanjut dia, mayoritas didominasi warga perantauan yang berkesempatan pulang kampung saat lebaran lalu. Sehingga mereka berkesempatan meluangkan waktu mengurus adminduk sebelum kembali keperantuan.

Selain itu juga banyak warga wajib KTP yang hendak melakukan perekaman. "Tak jarang juga anak sekolah yang mengurus akta kelahiran serta wajib KTP pemula guna kepentingan masuk bangku perkuliahan," beber mantan Kepala Satpol PP ini.

Meski terjadi lonjakan pemohon yang hingga detik ini tak kunjung surut, namun sejauh ini tidak ada kendala. Semua personil dan kelengkapan adminduk sudah tersedia. Termasuk kepingan KTP. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO