Jelang Lebaran, Animo Penjualan Kendaraan Bermotor Merosot

Jelang Lebaran, Animo Penjualan Kendaraan Bermotor Merosot Eko Setiawan, salah seorang petugas dealer motor di Pacitan. foto:

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sehari menjelang lebaran, animo pembelian kendaraan bermotor mulai menurun. Hal itu tidak seperti saat awal Ramadhan lalu.

Menurut Eko Setiawan, salah seorang petugas dealer sepeda motor terkemuka di Pacitan, pada awal puasa lalu pihaknya berhasil menjual sedikitnya 30 unit sepeda motor berbagai tipe. "Kalau sekarang ini sudah jauh menurun," katanya, Kamis (14/6).

Meski ada penurunan daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor saat menjelang lebaran, namun Eko menjelaskan jika jumlah penjualan motor di sepanjang Ramadan mengalami kenaikan dibandingkan hari-hari biasa.

"Mayoritas pembeli berasal dari kecamatan pelosok, terutama Kecamatan Ngadirojo dan Sudimoro. Sebab di dua kecamatan tersebut sebagai sentra penghasil cengkih. Kebetulan saat awal bulan puasa lalu, pas bertepatan dengan panen raya," beber Eko.

Animo pembelian motor diperkirakan bakal kembali menggeliat saat tahun ajaran baru nanti. Sebab banyak masyarakat yang membutuhkan sarana transportasi untuk ke sekolah. "Diperkirakan pada awal Juli nanti, rating penjualan bakal kembali meningkat," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO