Jelang Lebaran 1439 H, Pudak Mini Khas Gresik Dibanjiri Pembeli

Jelang Lebaran 1439 H, Pudak Mini Khas Gresik Dibanjiri Pembeli Pudak mini dipajang untuk dijual. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H, sejumlah tempat jualan jajanan khas di Gresik diserbu pengunjung. Mereka membeli untuk oleh-oleh pulang kampung atau berlebaran di kampung halaman.

Salah satu jajanan khas Gresik, yang diserbu para pembeli adalah pudak mini.

Bahan pudak terbuat dari campuran tepung, gula, beras, dan santan. Kemudian, dimasukkan dalam kemasan dari pelepah daun pinang.

Bagi pengunjung yang ingin membeli Pudak Mini di Gresik, tidak sulit untuk menemukannya di wilayah Gresik Kota Baru (GKB).

Salah satu pemilik usaha pudak mini adalah Agus Boediono (43). Ia menyatakan, pudak produknya sebagai variasi baru dalam jajanan pudak.

(Proses pembuatan pudak mini. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

Jajanan tersebut dibuat lebih kecil dari ukuran umumnya yang dijual di pasaran, namun tetap dengan citarasa maupun aroma jajanan yang sama dengan apa yang didapatkan penggemar pada pudak ukuran asli yang lebih besar.

"Jika dibandingkan, ukuran perbandingan bisa 1 banding 4. Artinya empat pudak kecil itu sama dengan satu pudak pada umumnya. Hanya rasa dan aroma, tetap sama," ujarnya.

Dia menceritakan, awal mula pertama kali dirinya mempunyai angan-angan menciptakan pudak ukuran mini pada empat tahun lalu. Meski dirinya sudah sekitar sepuluh tahun menjadi pengerajin pudak di Gresik.

"Waktu itu saya hanya berpikir, dari cerita konsumen dan orang-orang yang segan makan saat disuguhin pudak. Hal ini karena ukurannya yang besar, maka banyak tamu jadi malu untuk makan pudak yang disuguhkan. Maka dari itu, saya kemudian berpikir untuk membuat pudak mini ini, " jlentrehnya.

Alhasil, kata Agus, pudak mini karyanya yang diberi nama "Japung" atau singkatan dari Jawa Lampung, langsung mendapat simpati luas dari masyarakar Gresik. Bahkan, di luar Gresik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO