Selasa, 23 Juli 2019 03:02

Jelang Arus Mudik Lebaran, Sopir Bus Bungurasih Sidoarjo Dites Bebas Narkoba

Jumat, 08 Juni 2018 00:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Jelang Arus Mudik Lebaran, Sopir Bus Bungurasih Sidoarjo Dites Bebas Narkoba
TES URINE: Para sopir bus di Terminal Bungurasih saat dicek kesehahatan, Kamis (7/6). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Para sopir bus di Terminal Purabaya atau biasa disebut Terminal Bungurasih, Waru, mengikuti tes bebas narkoba, Kamis (7/6). Tes kesehatan ini sebagai upaya menjamin keselamatan pemudik menuju kampung halamannya.

Sejumlah sopir bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) antre memeriksakan kesehatannya. Tes kesehatan termasuk tes bebas narkoba ini digelar oleh Dinkes Jatim, BNNP Jatim, dan Dinkes Sidoarjo.

Kasi Penguatan Lembaga Rehabilitasi BNNP Jatim, dr Poerwanto menjelaskan, pemeriksaan diawali dari pemeriksaan fisik meliputi, tekanan darah, denyut nadi, dan pernapasan.

Lalu pemeriksaan kadar gula, kadar alkhohol dan narkoba di dalam tubuh para sopir. "Setelah semua tahap dilakukan tes dan hasilnya bagus, sopir tersebut dizinkan untuk melanjutkan mengemudi. Namun bila sopir diketahui ada kandungan narkoba di dalam tubuhnya, dilarang untuk mengemudi," jlentreh Poerwanto.

Di tempat yang sama, Koordinator Bidang Pendapatan Terminal Purabaya, M Fadli menjelaskan, tes kesehatan para sopir di Purabaya ini, selama dua hari, Rabu (6/6) dan Kamis (7/6).

"Semua sopir di terminal Purabaya Waru diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan ini. Namun hingga saat ini, alhamdulillah belum ditemukan sopir yang terbukti menggunakan narkoba," bebernya kepada wartawan.

Fadli menjelaskan, kalau memang terbukti ada di antaranya sopir bus yang kedapatan mengonsumsi narkoba, akan dilarang untuk mengoperasikan armadanya. Karena semua keselamatan penumpang di tangan sopir yang akan menjalankan armada busnya.

"Tes kesehatan ini harus diikuti para sopir, karena keselamatan penumpang harus diutamakan," tandas Fadli.

Sulaemi (54), sopir bus jurusan Surabaya-Malang, mengatakan tes kesehatan ini sangat membantu para sopir. Selain gratis juga dekat dari tempat pekerjaan. "Kami bersama teman-teman sangat mendukung kegiatan ini. Dan kami juga bertangung jawab atas keselamatan penumpang yang akan mudik," ucap Sulaemi. (sta/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...