Generasi Milenial Puji Program Dik Dilan Gus Ipul

Generasi Milenial Puji Program Dik Dilan Gus Ipul Gus Ipul saat berbuka bersama dengan puluhan remaja milenial di Omah Jaman Now, Senin (4/6/2018). Acara bertajuk Ngobrol Bareng Gusti ini diikuti oleh ratusan anak muda dari berbagai aliansi di Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf () berbuka bersama dengan puluhan remaja milenial, Senin (4/6/2018). Berlangsung di Omah Jaman Now, acara bertajuk Ngobrol Bareng Gusti ini diikuti oleh ratusan anak muda dari berbagai aliansi di Jawa Timur.

Di antaranya, Aryo Seno Bagaskoro yang hadir sebagai Ketua Aliansi Pelajar Surabaya (APS). Di hadapan peserta pertemuan, Aryo bercerita tentang kedekatannya dengan . Sebagai aktivis anak muda, Aryo pernah menyuarakan usulan kepada pemerintah provinsi untuk menggratiskan biaya pendidikan sekolah menengah.

Siswa SMAN 5 Surabaya ini menyebut bahwa pasca pengalihan kewenangan SMA/SMK negeri dari pemerintah kota ke pemerintah provinsi, pendidikan tak lagi gratis. Padahal, Surabaya menjadi salah satu daerah yang menggratiskan sekolah, tak hanya SMA/SMK namun mulai SD.

"Oleh karenanya, kami berangkat ke (pemerintah) provinsi. Luar biasa, kami ditemui langsung oleh , Wakil Gubernur Jawa Timur," kata Aryo bercerita mengenang pertemuan yang terjadi tahun lalu tersebut.

Meskipun keinginan mereka belum dapat terpenuhi, namun Aryo mengaku bahagia bisa menyampaikan aspirasi dan diterima langsung oleh pucuk pimpinan pemerintah provinsi. "Dari pertemuan itu, kami sadar bahwa adalah salah seorang tokoh yang peduli dengan pendidikan," kata Aryo yang kini baru naik kelas XII ini.

"Meskipun saya tahu, untuk menggratiskan biaya pendidikan SMA saat itu bukanlah hal yang mudah. Sebab, selain butuh anggaran tinggi, alih kewenangan tersebut mendadak sehingga memang untuk anggarannya belum sedia," kata Aryo.

Beruntung, peluang untuk menggratiskan biaya pendidikan SMA dan SMK tersebut kembali terbuka. Sebab, yang berpasangan dengan Cawagub Puti Guntur Soekarno ini telah menyiapkan program Pendidikan Gratis Dilanjutkan (Dik Dilan).

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO