Kamis, 21 Februari 2019 17:51

Gandeng RSUD dr Soetomo, RSUD Bangil Gelar Simposium Kedaruratan Neurologi

Rabu, 23 Mei 2018 20:03 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fuad
Gandeng RSUD dr Soetomo, RSUD Bangil Gelar Simposium Kedaruratan Neurologi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kasus kedaruratan neurologi (penyakit otak dan syaraf) di Kabupaten Pasuruan cukup tinggi. Baik yang disebabkan karena stroke perdarahan, stroke iskemik, trauma kepala dan tulang belakang, karena tumor otak, karena infeksi otak dan lain-lain.

Total ada delapan dokter spesialis yang menjadi pembicara dalam simposium itu, sesuai dengan spesialisasinya masing-masing. Dr Fendi Fatkhurrohman Ghozi, Sp BS memberi materi tentang Penanganan Kedaruratan pada trauma kepala dan spinal. Ia adalah dokter spesialis bedah syaraf yang bertugas di RSUD Bangil.

Humas RSUD Bangil dr. Ghozali berharap dengan adanya simposium ini maka perawat ataupun dokter lebih mengerti bagaimana langkah awal dalam menangani pasien neurologis.

"Saat ini, RSUD Bangil sudah mempunyai dua orang dokter spesialis saraf dan satu orang doktet spesialis bedah syaraf. Juga sudah mempunyai peralatan yang lengkap untuk penyakit saraf sehingga dokter saraf dapat bekerja maksimal," jelasnya.

Untuk membekali pengetahuan teknik penanganan kasus kedaruratan neurologis maka RSUD Bangil bekerjasama dengan SMF Bedah Syaraf RS dr Soetomo Surabaya menyelenggarakan simposium untuk medis dan paramedis di Aula Gedung Manajemen RSUD Bangil beberapa hari yang lalu.

Pemberi materi dalam simposium itu di antaranya Prof. Dr. dr. Abdul Hafid Bajamal, Sp BS (K). Menurutnya, kasus kedaruratan neurologi salah satunya karena stroke. Penanganan harus cepat, maksimal 4,5 jam pasien harus diberikan pertolongan dan jika lebih maka pasien tidak bisa ditolong dengan baik.

Setiap petugas medis dan paramedis harus mempunyai pengetahuan yg memadai dalam hal tehnik penanganan kedaruratan neurologi supaya pasien yg ditanganinya bisa selamat dan menyisakan sesedikit mungkin kecacatan. (afa/ian) 

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...