Begini Cara Dafir-Dayat Selamatkan Petani Bondowoso Saat Gagal Panen

Begini Cara Dafir-Dayat Selamatkan Petani Bondowoso Saat Gagal Panen

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Calon Bupati Bondowoso H. Ahmad Dafir, S. Ap memiliki cara yang sangat efektif untuk menyelamatkan petani ketika mereka mengalami gagal panen. 

Kelak jika ia terpilih sebagai Bupati bersama wakilnya, Hidayat, ia menjanjikan sesuatu yang mudah direalisasikan namun memiliki dampak yang luar biasa bagi perekonomian para petani. 

Janji yang disampaikan dalam debat kandidat di ballroom Ijen View itu adalah mengasuransikan produk tanaman petani. Hal itu berarti bahwa para petani tidak akan mengalami kerugian apabila terjadi gagal panen para pertanian mereka karena mereka akan mendapatkan ganti rugi melalui program asuransi itu.

Janji sang pemimpin itu begitu gegap gempita dan mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat. Menurut Dafir, asuransi produk tanaman pertanian itu merupakan salah satu bagian dari keberdayaan sebagaiman tertuang dalam sebuah visi misi Dafir Dayat yakni terwujudnya masyarakat yang beriman, berdaya dan bermartabat.

“Masyarakat kita itu rata rata masyarakat petani. Kita ingin pertanian ini nantinya mampu mendongkrak perekonomian. Untuk itu kita ingin menjaga kualitas produksi, kita ingin mengasuransikan tanaman pertanian, kemudian kita ingin mencetak lahan pertanian baru,” ujarnya.

Menurut Dafir, kondisi lahan pertanian di Bondowoso lebih didominasi oleh lahan yang mengandalkan air hujan dibandingkan dengan lahan persawahan. Lahan yang mengandalkan tadah hujan itu mencapai sekitar 39 ribu hektar, sedangkan lahan persawahan sekitar 26 ribu hektar. 

“Dengan kondisi tersebut kata dia, harus ada rekayasa pertanian agar masyarakat petani mampu mengelola pertanian mereka lebih baik,” terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO