Gus Ipul Terkait Rentetan Teror Bom: Ulama Harus Turun Tangan Luruskan Pemahaman Agama

Gus Ipul Terkait Rentetan Teror Bom: Ulama Harus Turun Tangan Luruskan Pemahaman Agama Gus Ipul memberikan keterangan kepada awak media. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLIE.com - Rentetan teror bom di Surabaya Jawa Timur mendapat perhatian berbagai pihak. Saifullah Yusuf () Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 meminta agar ulama turun tangan untuk mengatasi berbagai aksi teror di Jawa Timur. Ulama diharapkan bisa meluruskan pemahanan agama yang saat ini semakin jauh dari ajaran yang sebenarnya.

Hal itu disampaikan saat bertemu sejumlah kiai di Blitar, Selasa (15/5/2018). Pertemuan itu adalah agenda dalam rangka konsolidasi kader Nahdliyin di Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Mantenan, Udanawu, Kabupaten Blitar.

"Ini adalah musibah besar yang harus kita atasi bersama-sama. Aparatnya bekerja, didukung masyarakat. Ulama dan kiai juga harus turun untuk meluruskan pemahaman-pemahaman yang semakin jauh dari kebenaran," tutur .

Menurut , untuk memberantas dan mengatasi terorisme harus dimulai dengan upaya pencegahan agar paham radikalisme tak semakin berkembang. Hal inilah yang sejak dulu dilakukan ulama dan kiai melalui pendidikan di pesantren dan madrasah diniyah (madin).

"Pendidikan di Madin akan memberikan pemahaman agama secara utuh termasuk mencintai bangsa dan negara yang semua bersinergi dan tak bisa dipisahkan," katanya.

"Dulu kiai dan ulama menitipkan program penguatan Madin, saat program ini kembali menjadi salah satu program unggulan saya dan Mbak Puti. Insyaallah jika terpilih program ini akan kita jalankan sebaik-baiknya," tegas .

Usai acara di Ponpes Mambaul Hikam, akan langsung bertolak ke Tulungagung. Di Tulungagung, juga akan bertemu dengan kader nahdliyin untuk konsolidasi. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO