Berkat 3G, Ketua RW 23 Glintung Nominator Kalpataru

Berkat 3G, Ketua RW 23 Glintung Nominator Kalpataru Dua Warga Go Green Glintung ketika menyambut tamu dari DLH Kota Mojokerto dengan versi bahasa inggris, Jumat (29/04) lalu.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Ir. Bambang Irianto menjadi satu-satunya nominator Kalpataru yang berprofesi sebagai Ketua RW dari 20 nominator. Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, , Jawa Timur ini menjadi nominator Kalpataru kategori pembina setelah diverifikasi dan validasi tim Bidang Cinta Alam (BCA) Kementerian Lingkungan Hidup, Jumat (27/04).

Dirinya masuk nominator, karena dianggap berhasil membina kampung Go Green Glintung (3G) Malang, bahkan hingga mampu Go Internasioanal.

Meski menjadi nominator Kalpataru, namun Bambang tetap merendah diri. Menurutnya, penghargaan apapun bentuknya bukan menjadi target utamanya dari sebuah perjuangan dan pembinaan lingkungan yang selama ini digagasnya bersama warga.

"Penghargaan hanya sebagai motivasi, membangun, membina, serta berkarya pada lingkungan bersama warga. Menang atau tidak, tetap memberikan pembinaan kepada siapa pun," tegasnya.

Ahmad Junaedi, tim verifikasi dan validasi dari KLH menyampaikan terdapat 20 nominator masuk di empat kategori yakni Perintis, Pengabdi, Penyelamat, serta Pembina Lingkungan. "Ketua RW 23 ini masuk kategori pembina," kata Junaedi.

"Kunjungan verifikasi dan validasi ini untuk membuktikan kegiatan yang sebenarnya. Hasilnya kita laporkan ke Dewan Pertimbangan Kalpataru sebagai bahan rumusan keputusan pemenang Kalpataru. 'Dan pengumumannya, kita tunggu kapan keputusannya dikeluarkan," imbuhnya.

Keberhasilan program 3G Kelurahan Purwantoro ini menarik daerah-daerah lain untuk belajar, seperti yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto. Lucky Hariyanti, Kabid Penataan dan Pentaatan Lingkung DLH Kota Mojokerto menuturkan bahwa program dan tata kelola kampung Go Green Glintung (3G) ini akan diadopsi ke program 'Kampung Setia' milik Kota Mojokerto.

"Banyak hal yang kita lihat dan kita rasakan langsung sejak masuk area perkampungan. Menjadikan kami merasa betah," pungkasnya saat menyampaikan kesan di Kelurahan Purwantoro. (iwa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO