Tekan Perceraian, Kemenag Lumajang Gelar Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin

Tekan Perceraian, Kemenag Lumajang Gelar Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin Suasana saat berlangsung bimbingan perkawinan bagi calon pengantin yang digelar Kemenag Kabupaten Lumajang.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten menggelar bimbingan perkawinan bagi calon pengantin, Minggu (22/4). Bimbingan dibagi menjadi 3 angkatan dengan total 90 pasang calon pengantin yang dilaksanakan selama 2 hari, (21-22/4). 

Kepala Kabupaten Muhammad mengatakan, tujuan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin adalah merupakan ikhtiar pemerintah melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi.

"Selain itu diharapkan calon pengantin bisa membangun keluarga yang mempunyai pondasi yang kokoh, agar setelah menikah benar-benar siap mengarungi bahtera rumah tangganya. Diharapkan nantinya calon pengantin dapat membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, warrahmah," katanya.

Kegiatan tersebut dengan judul “Sungai Kehidupan”. Dalam inti materi tersebut Muhammad banyak membahas tentang dinamika perkawinan.

"Banyak perkawinan menjadi tidak harmonis atau bahkan gagal karena pasangan suami isteri tidak siap menjalani perannya dalam perkawinan. Bahkan tidak siap dengan berbagai tantangan yang datang silih berganti," terangnya.

akan menjadikan hal ini suatu kewajiban bagi setiap calon pengantin, walaupun selama ini program suscatin hanya menjadi kegiatan rutinitas saja.

Kabid Urais Binsyar Kanwil Prov Jatim Dr H Husnul Maram, M.HI menyampaikan bahwa dalam waktu dekat program itu akan menjadi wajib bagi calon pengantin.

"Kalau tahun ini masih masa transisi, tahun depan 2019, calon pengantin akan diwajibkan ikut kegiatan bimbingan. Sertifikat bimbingannya nanti menjadi syarat menikah," pungkasnya. (ron/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO