Disambangi Gus Ipul, Produsen Tahu di Kediri Keluhkan Harga Bahan Baku

Disambangi Gus Ipul, Produsen Tahu di Kediri Keluhkan Harga Bahan Baku Gus Ipul saat melihat secara dekat pembuatan tahu kuning yang merupakan salah satu icon Kota Kediri ini. Foto: ARiF K/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam safari politiknya, Calon Gubernur Jawa Timur nomor 2 Saifullah Yusuf () mengunjungi produk tahu kuning di Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Dalam kunjungannya, dicurhati mahalnya bahan baku kedelai dan garam, Rabu (11/4)

Purborini, salah satu pemilik tempat produksi tahu mengatakan saat ini secara umum produksi tahu tidak ada masalah. Namun ada sedikit kendala pada bahan baku pembuatan tahu yang harganya terus naik, dari mulai kedelai hingga garam.

Hal ini menjadi persoalan tersendiri bagi income dari produksi tahu, karena laba bersih dari pengolahan makanan khas Kediri ini berkurang mencapai 30 persen. 

"Dari kedelainya sudah impor dan harga garam yang terus naik, dan kita tidak ada bahan baku lokal, kualitasnya masih kurang jika dibuat tahu," kata Purborini.

Menurut Purborini, harga kedelai impor saat ini mencapai Rp 7.500 dari yang sebelumnya hanya Rp 6.500. Sedangkan harga garam mencapai Rp 160 ribu/sak. 

"Kita tidak bisa mensiasati, akhirnya keuntungan menurun mencapai 30 persen," ucapnya.

Menanggapi hal ini mengatakan jika hal tersebut merupakan tantangan untuk Jawa Timur. Untuk itu mau tidak mau ke depan harus swasembada kedelai yang memiliki kualitas yang baik bisa dijadikan bahan baku tahu dan tempe. 

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO