Selasa, 22 Oktober 2019 16:49

Dapur Rumah Warga di Ngampungan Jombang Hanyut Diterjang Derasnya Aliran Sungai

Minggu, 25 Maret 2018 14:49 WIB
Wartawan: Rony Suhartomo
Dapur Rumah Warga di Ngampungan Jombang Hanyut Diterjang Derasnya Aliran Sungai
Rumah warga yang berada di dekat tebing sungai rusak akibat tergerus air saat hujan deras. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Derasnya aliran sungai di Dusun/Desa Ngampungan Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang mengancam rumah warga. Satu dari empat rumah warga yang berada di dekat tebing sungai rusak akibat tergerus air saat hujan deras beberapa waktu lalu.

Pemilik rumah diketahui bernama Jaeni dan Srianti. Kini bagian dapurnya amblas tergerus air sungai. Sebagian pondasi rumahnya juga hilang sehingga dapurnya menggantung tanpa pondasi.

Srianti menjelaskan, awal mulai tebing sungai di Desa Ngampungan tergerus terjadi pada akhir Desember tahun lalu. Saat itu, ada retakan di samping tebing. ”Hingga saat hujan deras membuat plengsengan yang terdapat pada kolam saya ambrol,’’ ujar dia, Minggu (25/3/2018).

Ibu dua anak ini menjelaskan, seiring berjalanya waktu tanpa ada perbaikan, kondisi tebing yang longsor tersebut makin parah. Apalagi, pada Januari hingga Maret ini intensitas hujan di Kecamatan Bareng cukup tinggi. ”Akhirnya beberapa minggu lalu, dapur saya ikut longsor kena aliran sungai yang meluap,’’ tambah dia.

Sampai sekarang, belum ada perbaikan yang dilakukan. Beberapa kali, kata dia, staf dari dinas terkait sudah melakukan survei. Namun, hingga bulan ketiga ini belum ada rencana perbaikan yang dilakukan. ”Kemarin sudah ditinjau sama bu camat, pak kades, dan bu dewan, rencananya akan diperbaiki tapi belum tahu kapan,’’ tambah dia.

Akibat ambrol dapur, untuk keperluan memasak dia menggunakan salah satu ruangan yang berada di rumahnya. Semua peralatan memasak juga sudah dipindah sejak dapurnya itu hanyut terbawa arus.

”Ya otomatis kalau mau masak ya pindah ke ruang satunya, kalau disini nanti takut ambrol karena ini sudah menggantung,’’ terang dia.

Dia berharap pemerintah segera membangunkan penahan tebing sejenis bronjong di bantaran sungai yang ditempati warga. Karena selama ini warga cemas saat terjadi hujan deras akan membuat rumah mereka tergerus air. ”Apalagi kalau hujan deras, kami takut kalau airnya tinggi lagi,’’ papar dia. (ony/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Senin, 21 Oktober 2019 20:30 WIB
BATU, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur bergerak cepat membantu mengatasi dampak bencana alam akibat angin kencang yang melanda desa sumberbrantas kota Batu, Sabtu malam (19/10). Selain menyalurkan bantuan, Pemprov Jatim support ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Senin, 21 Oktober 2019 12:15 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...