Korban Bencana Pacitan Banyak yang masih Tinggal di Pengungsian

Korban Bencana Pacitan Banyak yang masih Tinggal di Pengungsian Korban bencana di Pacitan yang masih tinggal di pengungsian. foto: yuniardi s/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Seratus hari pasca musibah banjir dan tanah longsor di Pacitan, masih banyak warga terdampak bencana yang tinggal di pengungsian. Fenomena memprihatinkan itu sebagaimana terjadi di Desa Kedungbendo, Kecamatan Arjosari. Di desa tersebut sedikitnya ada empat kepala keluarga yang berada di Dusun Kedunggrombyang, sampai saat ini masih menempati tenda darurat yang didirikan warga di sekitar aliran anak sungai Grindulu. Mereka menempati tenda beratap terpal dan berdinding bahan bekas selama tiga bulan ini.

Tempat pengungsian itu pun masih terbilang tidak aman. Terlebih saat hujan deras mengguyur. Meskipun telah disewakan rumah untuk satu tahun oleh Pemkab setempat, namun belum membuat mereka nyaman. Sebab rumah kontrakan itu juga pernah dihajar longsor. "Harapan kami bantuan rehab rumah atau relokasi dari pemerintah segera ada kejelasan," jelas salah seorang pengungsi, Jumat (9/3).

Masih tingginya curah hujan yang turun di wilayah Kecamatan Arjosari memang berpotensi terjadi banjir maupun tanah longsor. Sementara sampai dengan 100 hari pasca bencana, masih banyak korban bencana dengan rumah rusak dan relokasi yang belum tersentuh, baru sebatas pendataan. Korban bencana mulai bertanya-tanya terkait realisasi bantuan tersebut. Salah satunya bantuan jaminan hidup yang pernah dijanjikan sebesar Rp 900 ribu per jiwa, yang hingga detik ini semakin tak jelas.

"Katanya korban bencana dapat bantuanb 300 ribu per jiwa selama 3 bulan, tapi tidak ada kejelasan sampai sekarang," ungkap Misranto warga Desa Klesem, Kecamatn Kebonagung. (pct1/yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO