Bupati Indartato Canangkan Program Pengelolaan Sampah dan Pelestarian Lingkungan Hidup

Bupati Indartato Canangkan Program Pengelolaan Sampah dan Pelestarian Lingkungan Hidup Bupati Pacitan Indartato saat melakukan pemukulan gong pencanangan tujuh program pengelolaan sampah.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Seiring peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2018, Bupati Pacitan Indartato mencanangkan tujuh program upaya pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan dengan pencanangan program tersebut, Pacitan bisa terbebas dari sampah pada Tahun 2020.

Menurut Indartato, tujuh program yang berkaitan dengan pengelolaan sampah tersebut di antaranya, kampanye Pacitan lestari, gerakan Pacitan memilah sampah, gerakan pekarangan produktif, pemetaan dan pembuatan buku potensi wilayah Pacitan panduan pengelolaan lansekap tropis, gerakan Pacitan mengolah sampah, festival Pacitan resik, serta agenda tiga bulan bersih sampah.

"Sinergitas antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha sangat diperlukan. Sehingga kebersihan dan kelestarian lingkungan dapat terwujud. Dengan begitu, masyarakat akan sehat dan lebih sejahtera," ujar Bupati, Jumat (9/3).

Selain pencanangan program tersebut, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bipartit dan tripartit antar , dengan PT. Pembangkit Jawa Bali Unit Bisnis Jasa Operasi, dan Maintenance serta Greenwave NGO.

"Ini merupakan pondasi awal untuk membangun komitmen bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam rangka pelestarian lingkungan hidup secara efektif, efisien, dan berkesinambungan," jelas orang nomor satu di Pemkab Pacitan tersebut.

Indarto juga menegaskan kegiatan ini bukan semata-mata seremonial. Namun harus benar-benar dilaksanakan secara nyata dengan melibatkan seluruh komponen yang ada. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO