PCNU Tuban Gelar Bahtsul Masail di Ponpes Sunan Bejagung

PCNU Tuban Gelar Bahtsul Masail di Ponpes Sunan Bejagung

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Lembaga Bahtsul Masail (LBM) NU Jawa Timur dan LBMNU Kabupaten Tuban menggelar Bahtsul Masail Syuriah. Acara yang dibuka secara resmi oleh Rois Syuriyah PWNU KH. Anwar Mansur ini digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Bejagung, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Sabtu (10/2).

Bupati Tuban Fathul Huda dalam sambutannya mengatakan hasil dari Bahtsul Masail ini  nantinya akan dijadikan ilmu dan diterapkan oleh masyarakat luas. "Apapun hasilnya, bahtsul masail ini dapat segera disebarluaskan, apalagi yang berhubungan dengan kemaslahatan ummah," ujar Bupati.

"Dalam perumusan peraturan daerah (Perda) yang dilaksanakan, pemerintah kabupaten selalu merujuk pada hasil penelitian yang dilakukan oleh LBM. Dengan didasari landasan agama yang kuat dan penelitian yang mendalam, setiap peraturan yang diterbitkan tidak akan pernah diragukan," katanya.

"Nantinya hasil ini akan kita sebarkan dan sosialisasikan ke setiap masjid-masjid supaya dapat dipahami dan diterapkan oleh masyarakat," harapnya.

Hadir pula dalam bahtsul massail ini Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf. "Saya diundang ke sini ini sebagai wakil gubernur, nanti per tanggal 14 Februari mendatang saya resmi mundur dari wakil gubernur," kata Gus ipul sapaan wakil gubernur dua periode tersebut.

Namun pihaknya tidak menampik jika kedatangannya dalam acara tersebut ada kaitannya dengan pilkada. "Tadi ketemu para kiai, ya sedikit menyinggung soal Jatim ke depan. Kita terus jalin silaturahim dan kita sampaikan capaian dan pekerjaan yang belum terlaksana selama memimpin Jatim bersama Pakde (Karwo, red)," pungkasnya.

Data yang berhasil dihimpun BANGSAONLINE.com, pelaksanaan Bahtsul Masail tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Tuban, PWNU Jatim, perwakilan PCNU se-Jatim, dan beberapa Banom NU. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO