SAKIP Raih Predikat A, Jatim Jadi Provinsi Terbaik

SAKIP Raih Predikat A, Jatim Jadi Provinsi Terbaik Gubernur Jatim Soekarwo bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjadi satu-satunya provinsi dan kabupaten di Wilayah II peraih SAKIP A.

BADUNG, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jawa Timur menjadi satu-satunya di Wilayah II Indonesia yang Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (SAKIP)-nya mendapat predikat “A”. Wilayah II meliputi Kalimantan, Lampung, DKI Jakarta, Jatim, Bali, NTB, NTT. Capaian itu mengantarkan Jatim meraih penghargaan Hasil Evaluasi AKIP Tahun 2017 dari pemerintah pusat.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Dr. H. Asman Abnur, S.E, M.Si kepada Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim pada acara Penyerahan Hasil Evaluasi AKIP Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah II di Nusa Dua Convention Center Bali, Rabu (31/1).

Dalam sambutannya, Pakde Karwo mengatakan dirinya bersyukur dan bangga dengan diraihnya penghargaan ini. Menurutnya, prestasi ini berkat kerja keras seluruh elemen pemerintah, khususnya bupati dan walikota untuk mewujudkan SAKIP yang baik dan berkualitas demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya kebetulan menjadi Gubernur di tempat dan waktu yang tepat. Penghargaan ini berkat komitmen seluruh kepala daerah yang luar biasa terhadap perbaikan kesejahteran masyarakat” pujinya.

Ditambahkan, SAKIP adalah alat untuk untuk menata manajemen pemerintahan menjadi lebih baik, efektif dan efisien. Penataan sebagaimana diamanatkan Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP dan Permenpan Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Turunnya kedua peraturan tersebut disambut baik oleh dirinya dan seluruh bupati/walikota melalui penerbitan regulasi yang baru atau reregulasi, penerapan leadership atau kepemimpinan yang maju, dan penerapan teknologi informasi (TI) dengan tujuan mendukung terwujudnya SAKIP yang baik dan berkualitas di Jatim.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO