Rabu, 01 April 2020 11:23

Komitmen Kepala Daerah Kunci Hindari Korupsi Pembangunan RSUD Srengat

Rabu, 31 Januari 2018 14:33 WIB
Wartawan: Akina Nur Alana
Komitmen Kepala Daerah Kunci Hindari Korupsi Pembangunan RSUD Srengat

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Komitmen kepala daerah dalam hal ini bupati berperan penting untuk menghindari potensi tindak pidana korupsi dan gratifikasi pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Srengat. Hal itu diungkapkan Dion Hardika, direktur pencegahan gratifikasi dan tindak pidana korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat menghadiri sosialisasi pembangunan RSUD Srengat, Rabu (31/1) siang.

Dion menjelaskan terkait rambu-rambu dalam ketentuan perundang-undangan yang harus dipatuhi dan dijalankan pemerintah setempat agar tidak terjadi korupsi dan gratifikasi. "Saya kira sudah jelas, karena sudah ada diperundang-undangan. Istilahnya bagi pemerintah daerah sudah ada rambu-rambu yang harus dijalankan dan dipatuhi," papar Dion Hardika.

Selain itu menurut Dion, beberapa poin yang ke depannya akan menimbulkan celah korupsi juga harus dihindari. Di antaranya tidak boleh ada permintaan terkait komitmen fee dalam pengadaan barang dan jasa.

Menurut Dion Hardika, langkah Pemkab Blitar berkonsultasi dengan KPK dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sebelum memulai pelaksanaan mega proyek RSUD Srengat sudah tepat. Ke depan, ia meminta Pemkab Blitar mematuhi semua aspek yang dipaparkan oleh KPK dan LKPP. "Jika sudah ada komitmen dari Pemkab maupun pelaksana proyek, ke depan diharapkan semuanya akan berjalan lancar sesuai rencana," imbuhnya.

Berdasarkan data ICW, korupsi sektor kesehatan selama 2010-2015 mencapai 890,1 miliar. Hal ini tentunya menjadi keprihatinan bersama. Besar harapan ke depan proyek-proyek yang menyangkut sarana kesehatan masyarakat salah satunya pembangunan RSUD di Kabupaten Blitar tidak terjadi hal serupa.

"Semua yang menyangkut sarana kesehatan harus terpantau dan tidak boleh terjadi kebocoran anggaran," pungkasnya.

Sementara Bupati Blitar Rijanto mengaku siap berkomitmen menghindari semua praktek korupsi. Tak hanya dalam pembangunan RSUD Srengat, namun ke depan hal serupa juga dilakukan dalam proyek-proyek besar lainnya.

"Yang penting kita mengikuti semua paparan dan instruksi, saya yakin proyek RSUD Srengat ke depan berjalan lancar dan bisa dimanfaatkan warga masyarakat Kabupaten Blitar sebagai salah satu sarana kesehatan," jelas Rijanto.

Pembangunan RSUD Srengat sendiri sudah pasti direalisasikan tahun ini. Pemkab Blitar menggelontorkan anggaran sebesar Rp 180 miliar dari APBD. Pelaksanaan pembangunan RSUD Srengat dilaksanakan secara multi years selama dua tahun. Pembagian anggaran sebesar Rp 180 miliar dengan rincian tahun 2018 sebesar Rp 90 miliar dan 2019 sebesar Rp 90 miliar. (blt1/tri/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...