Kamis, 01 Oktober 2020 15:11

Resmikan RSUD Srengat, Khofifah Jamin Ketersediaan Ruang Isolasi untuk Pasien Covid-19

Sabtu, 12 September 2020 19:31 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Resmikan RSUD Srengat, Khofifah Jamin Ketersediaan Ruang Isolasi untuk Pasien Covid-19
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menyampaikan sambutan usai meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Srengat.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Angka kasus Covid-19 di Provinsi Jawa Timur terus bertambah. Dalam beberapa hari terakhir, tambahan kasus baru selalu di atas angka 300. Terkait hal ini, Pemprov Jatim memastikan ruang isolasi dan jumlah tempat tidur di rumah sakit rujukan masih cukup untuk menampung pasien positif Covid-19.

Hal ini disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam kunjungannya ke Kabupaten Blitar, Sabtu (12/9/2020). Ia mengatakan, total ada 6.611 ruang isolasi khusus dan 860 ruang ICU.

"Tingkat keterpakaian atau occupancy rate 44 sampai 49 persen. Sedangkan standar WHO 60 persen. Jadi artinya tingkat ketercukupan masih cukup aman," ujar Khofifah.

Meski begitu, Khofifah berharap warga Jatim bisa patuh pada protokol kesehatan, sehingga angka pasien Covid-19 bisa ditekan. Menurutnya, ketersediaan ruang isolasi bukan berarti kepatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi longgar.

"Kita tetap harus waspada, patuh pada protokol kesehatan. Tidak berarti dengan ruang isolasi masih cukup maka kepatuhan kita longgar. Protokol kesehatan tetap harus kita prioritaskan," tegasnya.

Di Kabupaten Blitar Khofifah Indar Parawansa meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Srengat. Dia mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini salah satu pekerjaan rumah pemerintah adalah menjaga kualitas layanan kesehatan. Dengan diresmikannya RSUD Srengat ini, diharapkan semakin menambah kualitas pelayanan kesehatan di Jawa Timur.

"Hari ini kita meresmikan RSUD Srengat Blitar. Di sini sudah ada laboratorium PCR. Kita menunggu analis briefing tim dari Dinas Kesehatan provinsi. Di lantai dua juga sudah ada ruang negatif presures," papar Khofifah.

Dia menambahkan kalau nanti Kabupaten Blitar sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) retribusi jasa umum, kemudian RSUD Srengat ini menjadi rujukan untuk Covid-19, maka bisa segera mendapat support ventilator. Yang mana Provinsi Jatim memang di-support oleh Kemenkes, dengan syarat ada dokter anastesi di masing-masing rumah sakit rujukan yang akan dapat suport ventilator.

"Nanti ada support ventilator yang bisa digunakan jika telah memenuhi persyaratan," jelasnya.

Dengan diresmikannya RSUD Srengat ini, diharapkan mampu memberikan kemudahan masyarakat Kabupaten Blitar bagian Barat dalam menjangkau fasilitas kesehatan. Di mana selama ini pelayanan kesehatan bagi warga Kabupaten Blitar bagian Barat dirasa belum maksimal, karena jaraknya dengan RSUD Ngudi Waluyo, satu-satunya rumah sakit milik pemerintah, cukup jauh.

"Pembangunan RSUD Srengat ini dimulai jauh sebelum pandemi Covid-19. Harapan kami masyarakat Blitar bagian Barat bisa mendapatkan akses fasilitas kesehatan secara maksimal yang selama ini dirasa masih kurang, karena jauh dengan rumah sakit milik pemerintah yang ada di Kecamatan Wlingi atau Blitar bagian Timur," ungkap Bupati Blitar Rijanto. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...