Pilkada Dimulai, Penjual Bambu di Mojokerto Kebanjiran Order

Pilkada Dimulai, Penjual Bambu di Mojokerto Kebanjiran Order Usaha penjualan bambu milik Shodikin meningkat seiiring dimulainya tahapan Pilkada. YUDI EP/BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Berjalannya tahapan Pemilihan Wali Kota Mojokerto tahun 2018 bersama 171 daerah lainnya di Negeri ini membuka peluang pendapatan baru. Hal itu juga berlaku bagi pedagang bambu di kota onde-onde ini. 

Tidak hanya laku barang dagangannya, kreasi mereka membuat bedeng banner itu bisa menambah penghasilannya. 

Tak tanggung-tanggung, Sholikin, seorang penjual bambu di Lingkungan Kuwung, Kelurahan Meri, Kecamatan Magersari ketiban sampur membuat 900 bedeng atau pigura yang terbuat dari bambu, bagi banner pasangan calon (paslon) wali kota - wakil wali kota.

"Kami dapat borongan membuat 900 bedeng banner. Lumayan, membuat pigura seperti ini saya dapat Rp 7500. Pokoknya tinggal pasang lah," kata Shodikin di tengah kesibukannya, Minggu (14/1).

Bedeng seharga tersebut Shodikin mengaku mendapat penghasilan tambahan. "Tambahannya ya dari tenaga. Toh bedeng seukuran 80 x 50 cm ini tidak membutuhkan bambu banyak, kecuali tambahan beberapa kilogram paku dan saya bisa mendapat tambahan penghasilan," bebernya.

Pekerjaan menggapit 900 banner ini ia kerjakan seorang diri sejak dua hari lalu. "Sejak dua hari lalu dan sekarang tinggal sedikit. Mudah-mudahan ada calon lain yang mau bikin," pungkasnya.

Harga ini berbeda dengan banner berukuran lebih dari itu. "Kalau besar sampai ukuran 120 x 2 meter ya lain harganya. Sebab kebutuhan bambunya lebih banyak," tambahnya.

Selama Pilkada serentak, omzet di bidang usaha percetakan, printing, banner, dan baliho, bahkan kuliner diprediksi meningkat. Musim Pilkada seperti tahun ini biasanya akan membawa berkah rezeki bagi pelaku usaha khususnya yang bergerak di bidang percetakan.

Bahkan prediksi kenaikan omzet bisa mencapai dua kali lipat dari biasa. Konsumen akan banyak memesan banner, poster, spanduk dan lainnya untuk keperluan Pilkada. Salah satunya adalah dengan pembuatan kaos partai dan berbagai atribut-atribut lainnya. (yep/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO