Soal Silpa APBD Gresik 2017, DPRD Didesak Panggil Timang Pemkab

Soal Silpa APBD Gresik 2017, DPRD Didesak Panggil Timang Pemkab Ali Muchid

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 senilai Rp 81 miliar terus menuai kecaman berbagai kalangan. Kali ini datang dari mantan anggota DPRD, Ali Muchid.

Menurut Ali Muchid, adanya Silpa bukan karena faktor pendapatan asli daerah (PAD) uamg melebihi target. Namun karena pemerintah tidak cermat dalam membuat perencanaan. Karena itu, ia meminta kepada DPRD yang memiliki otoritas fungsi pengawasan agar menyikapi persoalan yang saat ini menjadi atensi publik tersebut.

"Sebab, di saat banyak program kerakyatan yang dikepras karena alasan efisiensi anggaran, tapi di akhir tahun malah ada Silpa Rp 81 miliar lebih. Ini kan lucu dan aneh," ujar Ali Muchid kepada BANGSAONLINE.com melalui aplikasi WhatsAppnya, Senin (1/1/2017) kemarin.

Ali Muchid menyarankan agar DPRD melakukan evaluasi terhadap program-program yang gagal terwujud sehingga terjadi Silpa yang cukup besar.

"Makanya, DPRD perlu mengundang tim perencanaan , tim anggaran (Timang) atau bahkan Bupati (Sambari Halim Radianto,red) untuk mempertanyakan persoalan itu," ujar mantan Ketua Komisi B ini.

"Kalau faktanya target pendapatan tidak tercapai namun banyak program tidak terealisasi, maka bisa dipastikan perencanaan kurang bagus. Mungkin juga karena tidak adanya keberanian pemerintah untuk melaksanakan proyek-proyek. Atau jangan-jangan sekadar pencitraan bahwa Pemkab berhasil melakukan efisiensi," pungkas politikus asal Cerme ini. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO