Obah Sitik Joss, Paguyuban Penyandang Stroke Pertama di Tuban dan Jatim

Obah Sitik Joss, Paguyuban Penyandang Stroke Pertama di Tuban dan Jatim Pengurus Paguyuban 'Obah Sitik Joss' saat perayaan HUT yang pertama.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Paguyuban penyandang stroke di Tuban bernama "Obah Sitik Joss" genap setahun sejak berdiri pada Desember tahun lalu. Paguyuban yang dipelopori Puskesmas Plumpang ini menggelar tasyakuran HUT yang pertama di Puskesmas Pembantu, Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Rabu (20/12).

Penggagas Obah Sitik Joss, Surawan mengatakan bahwa paguyuban ini sengaja dibentuk sebagai wadah sharing antar sesama penyandang stroke.

"Paguyuban tidak hanya bagi mereka yang sehat saja, namun bagi orang sakit parah semacam stroke juga berhak memiliki paguyuban," katanya.

Kepala UPTD Puskesmas Plumpang, Budi Winoto, mengatakan sangat mendukung adanya paguyuban ini. Menurutnya, adanya paguyuban ini bisa menjadi usaha preventif yang bertujuan memberi motivasi untuk sembuh bagi penderita.

"Paguyuban stroke ini tidak hanya diperuntukan terkait pengobatan stroke, namun juga terdapat sarasehan dalam kurun waktu sebulan sekali, serta menetapkan one day stroke pada setiap Jumat," paparnya.

"Pada dasarnya yang dibutuhkan oleh penyandang stroke adalah semangat untuk sembuh dan harapan. Oleh karena itu, dengan adanya paguyuban ini diharapkan mampu memupuk rasa kebersamaan antar sesama penderita," tambahnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO