Protes Pencemaran Bau Limbah oleh PT Sekar Laut Grup, Puluhan Warga Demo Pemkab Sidoarjo

Protes Pencemaran Bau Limbah oleh PT Sekar Laut Grup, Puluhan Warga Demo Pemkab Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga yang tergabung dalam Gerakan Anak Sidoarjo Setia (Ganass) berunjuk rasa di depan Kantor Pendopo Wibawa Delta Sidoarjo di Jalan Cokronego, Senin (4/12).

Mereka memprotes pencemaran bau limbah yang dibuang di kali yang diduga dilakukan oleh PT Sekar Laut Grup. Selain itu limbah yang dibuang juga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Setelah melakukan orasi di depan Pendopo Delta Wibawa puluhan warga tersebut menuju ke Sekar Laut. Mereka melakukan penutupan yang diduga sebagai saluran untuk membuang limbah dengan semen.

Menurut Chamim Putra Ghafoer, sebagai korlap aksi, selama ini warga Desa Kemiri Kecamatan Kota Sidoarjo setiap harinya selalu mencium bau yang tidak sedap dari pembuangan limbah PT. Sekar Grup.

"Ini aksi kedua untuk memprotes pembuangan limbah karena aksi yang pertama tidak digubris," kata Chamim Putra Ghafoer pada wartawan di depan PT Sekar laut, Senin (4/12).

Lebih lanjut Chamim menambahkan, selain warga, para siswa yang sekolah berdekatan dengan pabrik juga mengeluhkan bau tidak sedap yang sudah berjalan puluhan tahu tersebut.

Arizal (30) warga Desa Kemiri, membenarkan jika bau tidak sedap ini sudah berlangsung selama puluhan tahun.

"Kami mencium bau tidak sedap ini setiap hari, namun warga tidak bisa berbuat banyak, hanya berharap Pemkab Sidoarjo turun tangan," kata Arizal pada wartawan.

Terkait hal ini, General Manager PT Sekar Laut Wiliam Cung membantah jika perusahaannya dianggap melakukan pencemaran lingkungan lewat limbah. Ia mengklaim jika selama ini Sekar Laut grup rutin memeriksakan baku mutu limbah.

"Itu tidak benar kalau ada limbah yang mengganggu, memang benar kami membuang limbah, tapi sudah dilakukan proses yang layak memenuhi standar," ujarnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO