Rekrut Calon PPK, KPU Sidoarjo Jamin Kerahasiaan Materi Tes Tulis

Rekrut Calon PPK, KPU Sidoarjo Jamin Kerahasiaan Materi Tes Tulis LANCAR: Ratusan peserta saat mengikuti tes tulis calon anggota PPK, di aula Kantor KPU Sidoarjo, Jumat (27/10). foto: mustain/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menggelar tes tulis calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilgub Jatim 2018, di aula Kantor KPU Sidoarjo, Jumat (27/10) siang. KPU Sidoarjo pun menjamin kerahasiaan soal tes tulis PPK tersebut.

Ketua KPU Sidoarjo HM Zainal Abidin mengatakan, pembuatan soal tes tulis PPK oleh tim internal KPU ini, baru selesai Jumat dini hari. Begitu selesai dan digandakan ke tempat fotokopian, pihaknya juga menerjunkan petugas untuk mengawal guna menjaga kerahasiaan materi soal tersebut.

"Kami jamin soal tidak ada kebocoran," tandas Zainal.

Dijelaskan, soal berjumlah 100 item pilihan ganda (multiple choice). Peserta diberikan waktu dua jam untuk menyelesaikan materi soal yang di antaranya berisi tentang UU No 7/Tahun 2017 tentang pemilu. Selain itu ada soal terkait PKPU No 3/Tahun 2015 tentang penyelenggaran pemilu. “Kewilayahan dan pengetahuan umum juga menjadi pokok materi yang diujikan,” beber Zainal.

Tes tulis bagi calon PPK ini diikuti oleh 244 peserta. Semestinya, tes tulis ini diikuti oleh 258 peserta yang lolos administrasi. Namun hingga waktu tes tulis berakhir, 14 peserta tidak hadir untuk mengikuti tes tersebut.

"Otomatis 14 peserta ini langsung gugur," imbuh Ketua Pokja Rekrutmen PPK dan PPS, Mukhammad Iskak.

Mayoritas peserta yang ikut seleksi calon PPK ini, berusia lebih dari 17 tahun. Padahal, aturan membolehkan warga berusia 17 tahun bisa mengikuti tes calon PPK. "Tidak ada peserta yang usia 17 tahun," tandas Cak Iskak, panggilan karib Mukhammad Iskak.

Sementara itu, beberapa peserta tampak sudah keluar dari ruangan tes, meski waktu tes yang disediakan masih panjang. "Soalnya normatif. Tidak sulit juga tidak mudah. Tadi saya 60 menit sudah selesai," cetus Hakim, peserta yang mendaftar calon PPK Tulangan. (sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO