Ini Gejala Stres Menurut Psikolog

Ini Gejala Stres Menurut Psikolog Suasana seminar tentang gejala stres di Lapas Wanita Sukun Malang, Selasa (24/10). foto: istimewa

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Sering menyendiri (murung), kurang konsentrasi, mudah emosi atau mudah tersinggung, adalah ciri-ciri seseorang mengalami gejala tekanan jiwa (stres).

Hal itu dijelaskan Psikolog dari Universitas Negeri Malang (UM) Ade Laressa, SPsi MPsi saat menjadi penanggungjawab dalam Seminar Psikologi Mengelola Dampak Stress, di Lapas Wanita Kelas IIA Sukun, Kota Malang, Selasa (24/10).

Menurutnya, gejala tersebut terjadi disebabkan pengelolaan manajemen diri kurang baik. "Pola pikir kurang sehat dan kurang positif, memendam perasaan yang berlebihan, kurang sosialisasi dengan lingkungan sekitar, menutup diri dari pergaulan luar, dan banyak lagi lainnya," ucap Ade.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar segera memberikan respon apabila ada keluarga atau tetangganya yang memiliki gejala tersebut. "Untuk meminimalisir berkembangnya perubahan tersebut lebih parah lagi, dengan mengantarkan atau mengobatkan kepada ahlinya," tegasnya.

"Apabila sudah seperti itu, seyogyanya segera ditangani dengan metode konsultasi, relaksasi, penyaluran hobby serta terapi. Menekankan pada diri akan pola pikir (mindset) selalu positif dalam hidup, senantiasa menjaga satu kesatuan fisik dan psikis secara sehat dan positif," tambahnya. (iwa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO