Sabtu, 20 Januari 2018 06:20

Kondisi Keuangan Berubah, Pemkab Gresik Review RPJMD

Kamis, 21 September 2017 14:39 WIB
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Kondisi Keuangan Berubah, Pemkab Gresik Review RPJMD
Ir. Tugas Husni Syarwanto.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik memastikan akan meninjau ulang program-program/kebijakan yang telah termaktub dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, atau semasa periode ke-2 kepemimpinan Bupati Sambari Halim Radianto.

Sebab, kondisi sejumlah program yang telah dicanangkan dalam RPJMD yang disahkan pada Agustus 2016 tersebut tak sesuai dengan kondisi saat ini. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappelitda) Pemkab Gresik Tugas Husni Syarwanto kepada BANGSAONLINE.com, kemarin.

"Kami akan ajukan ke DPRD untuk pembahasannya," ujar Tugas.

Menurut Tugas, ada sejumlah pasal dalam RPJMD yang akan direvisi karena isinya harus disesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini. Di antaranya, pasal 38 tentang kondisi kekuatan keuangan APBD Gresik mulai tahun 2016-2021. Dalam RPJMD tersebut, kekuatan APBD Gresik diprediksi bisa mencapai kisaran Rp 7 triliun. Sementara pada APBD 2017 pasca perubahan, kekuatannya baru kisaran Rp 2,8 triliun.

"Sehingga, kurang dari 4 tahun Sambari-Qosim menjabat atau tepatnya 3,2 tahun, kekuatan APBD yang ditargetkan masih kurang sekitar Rp 4,2 triliun," terang tugas.

"Kondisi review RPJMD ini juga terkait kondisi ekonomi nasional yang berdampak terhadap kondisi ekonomi daerah," sambungnya.

Tugas memaparkan, bahwa dalam review RPJMD tersebut, juga ada keterkaitan dengan kondisi pendapatan daerah (PD) yang tidak sesuai yang ditargetkan. Namun, kondisi ini bukan hal yang paling krusial dalam review RPJMD.

"Meski ada sejumlah program perlu dilakukan review dalam RPJMD tersebut, tapi saya pastikan sudah banyak program yang pencapaiannya sesuai yang telah ditargetkan indikatornya. Seperti, pengentasan kemiskinan, kesehatan, pengurangan angka pengangguran, dan program lainnya," jelas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) ini. (hud/rev)

Oleh: Suparto Wijoyo*
Rabu, 17 Januari 2018 18:53 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*PILKADA hadir menjadi pesona yang memukaukan pandangan bagi mereka yang gandrung kekuasaan. Hiruk pikuknya dianggap sebagai tembang yang melantunkan merdunya kosa kata. Kampanye digelar guna meneriakkan cita-cita menjemput takdir...
Sabtu, 13 Januari 2018 23:58 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . . Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1)."Subhaana alladzii as...
Oleh: Dr. KH. Imam Ghazali Said., MA
Sabtu, 13 Januari 2018 10:54 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 18 Januari 2018 23:31 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Nell McAndrew (44), mantan model glamour tetap mempertahankan pola hidup sehat. Dia rutin berlatih dan minum jus. Tak heran, di usianya yang tak muda lagi, tubuhnya masih sintal. Saat di puncak kariernya, wajah dan lekuk ...