Sabtu, 21 April 2018 16:35

Kondisi Keuangan Berubah, Pemkab Gresik Review RPJMD

Kamis, 21 September 2017 14:39 WIB
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Kondisi Keuangan Berubah, Pemkab Gresik Review RPJMD
Ir. Tugas Husni Syarwanto.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik memastikan akan meninjau ulang program-program/kebijakan yang telah termaktub dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, atau semasa periode ke-2 kepemimpinan Bupati Sambari Halim Radianto.

Sebab, kondisi sejumlah program yang telah dicanangkan dalam RPJMD yang disahkan pada Agustus 2016 tersebut tak sesuai dengan kondisi saat ini. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappelitda) Pemkab Gresik Tugas Husni Syarwanto kepada BANGSAONLINE.com, kemarin.

"Kami akan ajukan ke DPRD untuk pembahasannya," ujar Tugas.

Menurut Tugas, ada sejumlah pasal dalam RPJMD yang akan direvisi karena isinya harus disesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini. Di antaranya, pasal 38 tentang kondisi kekuatan keuangan APBD Gresik mulai tahun 2016-2021. Dalam RPJMD tersebut, kekuatan APBD Gresik diprediksi bisa mencapai kisaran Rp 7 triliun. Sementara pada APBD 2017 pasca perubahan, kekuatannya baru kisaran Rp 2,8 triliun.

"Sehingga, kurang dari 4 tahun Sambari-Qosim menjabat atau tepatnya 3,2 tahun, kekuatan APBD yang ditargetkan masih kurang sekitar Rp 4,2 triliun," terang tugas.

"Kondisi review RPJMD ini juga terkait kondisi ekonomi nasional yang berdampak terhadap kondisi ekonomi daerah," sambungnya.

Tugas memaparkan, bahwa dalam review RPJMD tersebut, juga ada keterkaitan dengan kondisi pendapatan daerah (PD) yang tidak sesuai yang ditargetkan. Namun, kondisi ini bukan hal yang paling krusial dalam review RPJMD.

"Meski ada sejumlah program perlu dilakukan review dalam RPJMD tersebut, tapi saya pastikan sudah banyak program yang pencapaiannya sesuai yang telah ditargetkan indikatornya. Seperti, pengentasan kemiskinan, kesehatan, pengurangan angka pengangguran, dan program lainnya," jelas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) ini. (hud/rev)

Kamis, 19 April 2018 18:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT perdana Kandidat Gubernur Jawa Timur telah dihelat 10 April 2018 lalu dan terus mengiangkan diksi dan intonasi kata “kemiskinan” selama saya mengikutinya dalam perjalanan. Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil E...
Senin, 19 Maret 2018 19:42 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .      Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraa...
Sabtu, 21 April 2018 12:32 WIB
Assalamualaikum Ustad, saya ingin bertanya. Bapak saya punya saudara laki-laki dan dia punya cucu perempuan, apakah boleh saya menikahinya. Mohon di jawab. Waalaikumsalam.(Muhammad Tesan, Netizen)Jawab:Status hubungan keluarga di atas adalah sudah ...
Jumat, 20 April 2018 23:01 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Ngawi dikenal mempunyai Alas Srigati atau Alas Ketonggo yang terletak 12 Km arah selatan dari kota. Menurut masyarakat Jawa, Alas Ketonggo merupakan salah satu wilayah angker atau ‘wingit’ di tanah Jawa.Ha...