Dinkes Pastikan Ribuan Limbah Medis di Pesisir Tanjung Kamal Bukan dari Situbondo

Dinkes Pastikan Ribuan Limbah Medis di Pesisir Tanjung Kamal Bukan dari Situbondo Ribuan limbah medis berupa jarum suntik di pesisir Tanjung Kamal, Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten memastikan penemuan limbah medis di pesisir pantai Desa Tanjung Kamal Kecamatan Mangaran tidak terkait dengan limbah medis puskesmas maupun rumah sakit umum yang ada di .

Menurut kepala Dinas Kesehatan , penanganan limbah medis di sejumlah puskesmas dan rumah sakit di sudah ditangani dengan baik dan sudah dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

"Pemusnahan limbah medis di setiap puskesmas maupun rumah sakit umum sudah kita tangani dengan baik, dan kita sudah bekerjasama dengan pihak ketiga," kata Kepala Dinkes, Abu Bakar Abdi, Senin (18/9).

Untuk mengetahui asal usul ribuan limbah medis berupa jarum suntik yang ditemukan di pesisir pantai Desa Tanjung Kamal Kecamatan Mangaran, pada hari Sabtu lalu, pihaknya mengaku sudah meminta bantuan pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan.

"Saya minta bantuan polisi untuk mengungkap kasus ini. Biar cepat diketahui asal usulnya dari mana dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Yang pasti itu bukan jarum bekas imunisasi," ujarnya.

Ia menerangkan bahwa, limbah medis seperti jarum suntik seperti yang ditemukan di pesisir tanjung kamal tersebut sangat berpotensi menularkan penyakit. Oleh sebab itu harus diselidiki siapa pelaku yang membuang limbah medis tersebut.

"Itu berpotensi menularkan penyakit, karena jarum suntik itu dikhawatirkan bekas pasien penyakit menular, Yang dihawatirkan jarum suntik itu bekas dari para pasien penyakit menular," tandasnya.

Sementara Kasubbag Humas Polres , Iptu Nanang Priyambodo mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mengungkap siapa pelaku yang membuang limbah medis secara sembarangan tersebut.

"Ribuan limbah medis itu sudah diamankan ke Polsek Mangaran, dan dalam proses dihitung. Sebagian kita jadikan barang bukti untuk penyelidikan dan sebagiannya kita kerjasamakan dengan Dinkes untuk dimusnahkan," terang Iptu Nanang. (mur/had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO