7 Tahun Tidak Ada Rekrutmen, Pemkab Gresik Kekurangan 2.600 ASN

7 Tahun Tidak Ada Rekrutmen, Pemkab Gresik Kekurangan 2.600 ASN Ilustrasi

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kekurangan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai dampak pemberlakuan moratorium juga terjadi di . Hingga tahun 2017 ini, kota pudak kekurangan sekitar 2.600 ASN. Penegasan itu disampaikan Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) , M. Nadlif kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (14/9/2017).

tidak bisa lakukan rekrutmen ASN sejak tahun 2011 atau sejak 7 tahun lalu, setelah kebijakan remunerasi turun. Padahal, setiap tahunnya ada puluhan hingga ratusan ASN yang pensiun. Sementara dalam kebijakan baru ini tak diperbolehkan rekrutmen THL (tenaga harian lepas) baru. Jadi kami terpaksa menggunakan ASN yang ada untuk membantu tugas-tugas di sejumlah OPD (organisasi perangkat daerah) yang ditinggal pensiun,” jelasnya.

Nadlif mengungkapkan, kekurangan ASN ini yang terjadi di semua OPD. "Tapi yang paling banyak di Dinas Pendidikan dari tenaga guru dan Dinkes," ungkapnya.

Otomatis, kondisi ini membuat Dinas Pendidikan kerepotan. Di sisi lain, tidak bisa menambah ASN karena terbentur aturan. Namun, sisi lain proses belajar mengajar tetap harus jalan. Sehingga, guru yang ada beban kerjanya makin besar.

sendiri terakhir membuka rekrutmen ASN pada tahun 2010, tepatnya saat Bupati Sambari menjabat di tahun pertama. Ketika itu menggandeng Unair (Universitas Airlangga) Surabaya untuk seleksinya. "Setelah itu tak ada rekrutmen lagi," pungkas Nadlif. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO