Salat idul Adha, DKRTH Surabaya Siapkan 100 Petugas Kebersihan

Salat idul Adha, DKRTH Surabaya Siapkan 100 Petugas Kebersihan Koran berserakan usai digunakan salat Id.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinas Kebersihan Dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya menyiapkan petugas kebersihan yang akan berjaga di lokasi pelaksanaan salat Id. Mereka langsung bergerak untuk membersihkan lokasi dari koran bekas begitu pelaksanaan salat pada Jumat (1/9), rampung.

"Setiap tahun kami menyiapkan petugas kebersihan untuk mengamankan kertas koran dan plastik tersebut agar kebersihannya tetap terjaga. Kami sudah koordinasikan titik titik mana saja, khususnya tempat sholat Idul Adha yang menggunakan lapangan atau badan jalan," kata Ir. Chalid Buhari, Kepala DKRTH Kota Surabaya usai melaksanakan salat Ied di Taman Surya, Jumat (1/9).

Ada sekitar 100 orang petugas dari DKRTH yang bersiaga. Para petugas ini akan mengambili kertas koran dan plastik itu usai mengikuti salat Idul Adha. Pengalaman sebelumnya, para petugas DKRTH biasanya tak sendirian. Sebab di saat bersamaan banyak para pemulung yang memang akan ikut mengambili, khususnya kertas koran bekas.

Koran bekas yang terkumpul ini memiliki nilai ekonomis tinggi. Hasilnya cukup lumayan tergantung dari berat ringannya koran bekas yang terkumpul. Makin berat koran bekas yang terkumpul maka hasilnya juga relatif banyak.

Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI juga mengeluarkan imbauan agar usai malakukan salat Id 1438 H jemaah tetap menjaga kebersihan. Jemaah diimbau membawa kembali kertas koran dan membuangnya di tempat sampah karena kebersihan adalah bagian dari iman. Panitia kurban juga diimbau agar tidak banyak-banyak menggunakan kantong plastik agar tidak menambah volume sampah plastik. (yul/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO