Warga Terima Rastra Tak Laik Konsumsi, DPRD Jombang Sidak Gudang Bulog

Warga Terima Rastra Tak Laik Konsumsi, DPRD Jombang Sidak Gudang Bulog Anggota komisi B DPRD Jombang saat melakukan sidak di gudang bulog Desa Sembung, Kecamatan, Perak, Selasa (8/8/2017). foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Beras untuk kesejahteraan (rastra) tidak layak konsumsi di Kabupaten Jombang ternyata masih dibagikan kepada warga. Tak pelak hal ini membuat kalangan DPRD Jombang turun tangan.

Komisi B DPRD Jombang pun melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi gudang Bulog di Desa Sembung, Kecamatan Perak, Selasa (8/8/2017). Dalam sidak itu, kalangan legislatif ditemui pihak Bulog.

“Sidak ini karena adanya laporan masyarakat, banyak raskin yang kualitasnya buruk. Ternyata saat kita lihat di gudang penyimpanan bulog sudah tidak ditemukan,” ujar Rohmad Abidin, Ketua Komisi B DPRD Jombang kepada awak media di lokasi.

Disinggung adanya rastra yang sering ditemukan tidak layak konsmsi, Rohmad meminta pihak Bulog untuk tidak mengulanginya. “Tadi kita sampaikan, kita menginginkan jarak hasil panen dengan distribusi ke masyarakat tidak terlalu jauh. Karena penyebab kualitas kurang baik karena terlalu lama disimpan di gudang,” tandasnya.

Sementara itu, Anita Andreani, Wakil Kepala Subdivre Bulog Surabaya Selatan mengakui bahwa buruknya kualitas rastra karena terlalu lama dalam penyimpanan di gudang. ”Karena beras yang tersimpan di gudang bulog tidak pasti. Bahkan ada yang tersimpan hingga lebih satu tahun. Sebenarnya barang yang masuk itu sudah melalui survei. Beras yang masuk ke kami itu tidak mungkin kualitasnya kurang baik. Beras itu sudah kita sortir,” ungkapnya.

Ia pun meminta warga yang menerima rastra tidak layak konsumsi bisa langsung melaporkan kepada pihak bulog. “Kalau warga menemukan rastra yang tidak layak, silahkan langsung laporkan kepada kami. Kami pasti akan mengganti,” tandas Anita.

Adapun rombongan komisi B DPRD Jombang yang ikut dalam sidak tersebut yakni Syichu, Novita Eki Wardani, dan Erna Kuswati. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO