503 Karung Raskin Kualitas Buruk Diganti 20 Sak, Kades Tanjungwadung Minta Bulog Tidak Mengulangi

503 Karung Raskin Kualitas Buruk Diganti 20 Sak, Kades Tanjungwadung Minta Bulog Tidak Mengulangi Beras pengganti yang berkutu dari Bulog saat dicek di Desa Tanjungwadung, Kecamatan Kabuh,Kabupaten Jombang, Senin (10/10) sore. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Temuan bantuan beras miskin (Raskin) yang berkualitas buruk di Desa Tanjungwadung, Kecamatan Kabuh dan Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang perlu menjadi acuan pengawasan di daerah lain. Meskipun pihak Bulog sudah mengganti beras yang ditemukan penuh dengan kutu itu, Kepala Desa (Kades) Tanjungwadung, Supono tetap meminta agar bantuan untuk warga tersebut tidak disepelekan.

Baginya, meskipun bantuan tersebut terbilang murah hanya dengan harga Rp 1.600 per kilogram, pihaknya tidak ingin Bulog memberikan beras yang tidak layak konsumsi.

”Kami berharap Bulog juga memperhatikan kualitas beras sebelum disalurkan ke setiap desa. Jangan sampai seperti yang kami alami, ternyata berasnya penuh dengan kutu, warnanya sudah tidak putih, dan berasnya hancur seperti menir,” kata Supono ditemui Bangsaonline di rumahnya, Senin (10/10) sore.

Menurutnya, pihaknya sudah mendapat informasi dari pihak kecamatan bahwa jika ditemukan raskin tidak layak konsumsi, agar tidak segan-segan untuk mengembalikan kepada Bulog. ”Tapi, semoga saja ke depan tidak terjadi lagi penyaluran raskin tidak layak seperti sebelumnya. Karena ini tidak hanya sekarang yang kami temukan,” lanjutnya.

Supono pun berterimaksih kepada pihak Bulog yang sudah mengantarkan beras pengganti raskin yang sudah terlanjur disebarkan kepada 503 warga Tanjungwadung. ”Ini sekarang kami menerima 20 karung beras dari Bulog untuk diberikan kepada warga yang sebelumnya menerima raskin kualitas buruk. Untuk penerima di sini ada 503 RTM (Rumah Tangga Miskin),” ujarnya.

Sementara itu, Nurman Susilo, Kasub Divre VII Bulog Surabaya Selatan, wilayah Mojokerto dan Jombang mengatakan, selain mengganti raskin di Desa Tanjungwadung, Kecamatan kabuh, pihaknya juga sudah mempertanggungjawabkan beras kualitas buruk di Desa/Kecamatan Bareng.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO