Mencegah dan Mengantisipasi Kanker Serviks

Mencegah dan Mengantisipasi Kanker Serviks Gunadi Handoko, dr. Luwang Wisana N, SpOG, Direktur Lab. Pattimura, serta perwakilan BPJS Cabang Malang saat foto bersama peserta penyuluhan. foto: IWAN I/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati HUT BPJS ke-49 ini, BPJS Cabang Malang menyelenggarakan penyuluhan tentang pentingnya mengetahui atau mencegah bahaya kanker serviks bagi seorang wanita. Kegiatan yang bekerjasama dengan DPC Peradi Malang dan Laboratorium Klinik Pattimura ini bertempat di kantor Sekretariat DPC Peradi Malang versi Gunadi Handoko, Jumat (28/07).

"Penyuluhan ini mengundang sekitar 75 orang warga masyakarat," ujar Gunadi Handoko, Ketua DPC Peradi Malang.

Sementara dr. Luwang Wisana N, SpOG, dokter spesialis kandungan dari RS Puri Bunda dalam paparannya menyampaikan bahwa setiap hari ada orang yang meninggal akibat kanker serviks.

"Setiap tahunnya diperkirakan sekitar 4500 jiwa meninggal akibat kanker serviks, salah satu contohnya adalah aktris nasional Julia Perez," papar dr. Luwang.

Ia menjelaskan, faktor utama penyebab kanker serviks adalah pola makan, hidup, pikir yang kurang sehat, serta kurangnya pendeteksian dini. "Sepengetahuan yang saya dapatkan, di tahun 2012 sudah 180 ribu kasus kaum hawa terinfeksi kanker serviks," sambungnya.

Adapun untuk mencegah atau meminimalisir kanker serviks, dr Luwang memberikan tips kepada para kaum hawa, yakni tidak gonta ganti pasangan, tidak berhubungan badan saat mens, menjauhi bahan makanan yang tidak sehat.

dr Luwang juga mengimbau agar para wanita segera konsultasi ke dokter ketika mengalami keputihan berkepanjangan. "Juga saat hubungan badan mengeluarkan darah, adanya keganjilan pada organ, segera periksa. Sebab jika dibiarkan bisa merusak pada organ tubuh lainnya yang memicu kanker serviks," jelas dr .Luwang. (iwa/thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO