Mendikbud Buka Pekan Budaya dan Pariwisata 2017 di Kediri

Mendikbud Buka Pekan Budaya dan Pariwisata 2017 di Kediri

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhajir Efendi secara resmi membuka acara Festival Panji Nasional di pekan budaya dan pariwisata 2017 di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Minggu (16/7).

"Dalam rangka menuju pembangunan nasional budaya nusantara, karakter bangsa harus dibangun secara serius dengan upaya yang sadar dan sistematis serta terarah, agar dapat mencerminkan jati diri bangsa dengan sifat dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa," ujar Mendikbud saat Dalam sambutannya saat membuka acara.

Dalam pembukaan tersebut, Mendikbud didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jatim dr. Jarianto serta Bupati Kediri Haryanti.

Acara yang bertajuk Panji Merajut Keharmonisan Nusantara ini mulai digelar pada 16-22 Juli 2017. Dalam sambutannya, Menteri Muhajir mengungkapkan Karakter bangsa seharusnya menjadi arus utama dalam pembangunan nasional kebudayaan.

"Artinya dalam setiap upaya pembangunan harus memikirkan keterkaitan dan dampak dalam pembangunan karakter, sehingga dapat diharapkan karakter yang dibentuk nantinya mengarah ke nilai positif. Karakter bangsa ini menjadi hal yang vital dalam pembangunan nasional kebudayaan," terangnya.

Saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah berupaya membangun budaya nasional, salah satunya dengan menggelar festival panji nasional, yang menghadirkan khazanah panji dari berbagai daerah, di antaranya Jakarta, Jogjakarta, Bali, Jabar, Sumatra Selatan dan juga tim kesenian dari Jawa Timur selaku tuan rumah dalam acara tersebut. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO