Jalur Sepeda Sudah Siap, Program Sepeda Gratis di Kota Blitar Diharapkan Terealisasi Tahun Ini

Jalur Sepeda Sudah Siap, Program Sepeda Gratis di Kota Blitar Diharapkan Terealisasi Tahun Ini Jalur sepeda gratis di jalan Merdeka, Kota Blitar. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Rencana program sepeda gratis yang sempat tertunda diharapkan terealisasi pada tahun ajaran baru 2017. Pasalnya program sepeda gratis tersebut sebelumnya sempat tertunda lantaran tiga kali gagal dalam proses lelang karena tidak ada rekanan yang mampu menyiapkan ribuan sepeda secara bersamaan.

Tidak hanya instansi yang membawahi pendidikan saja, namun Dinas Perhubungan juga sudah menyiapkan jalur yang akan digunakan. Misalnya di depan SMPN 1 dan di depan kompleks SMPN 3 . Tak hanya itu, Dishub juga menyiapkan sarana prasarana pendukung lain, seperti jalur sepeda sekitar dua meter yang ditandai dengan garis lurus warna putih. Sejumlah rambu-rambu juga sudah terpasang di jalur sepeda.

"Selain jalur sepeda, Dishub juga akan membuat rekayasa lalu lintas dan mengusulkan pengaturan jadwal pemakaian sepeda di tiap sekolah," ungkap Plt Kepala Dishub , Priyo Suhartono, Jumat (14/07).

Terpisah, kepala Dinas Pendidikan M Sidik mengatakan, jika saat ini pihaknya masih menunggu hasil dari proses lelang sepeda gratis tersebut. Menurut M Sidik pengadaan sepeda gratis itu sendiri menghabiskan anggaran sekitar Rp 11 miliar. Sepedah gratis itu akan diberikan ke siswa kelas 1 dan kelas 2 SMP. "Kita sekarang menunggu hasil lelang, dan kami berharap lelang kali ini berhasil," jelas M Sidik.

Lebih lanjut M Sidik menjelaskan jika selain jalur sepeda gratis, juga menyiapkan jadwal penggunaan sepeda gratis. Karena jumlah SMP negeri di ada sembilan. Dan tidak dimungkinkan jika dari ribuan siswa dari sembilan SMP itu menggunakan sepeda di hari yang sama.

"Dijadwal hari penggunaanya, karena kan tidak mungkin jika dari sembilan sekolah yang jumlah muridnya ribuan menggunakan sepeda di hari yang sama," pungkasnya. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO