Maling Spesialis Kotak Amal di Perum Wisma Sarinadi Sidoarjo Ditangkap Warga

Maling Spesialis Kotak Amal di Perum Wisma Sarinadi Sidoarjo Ditangkap Warga Tersangka saat diamankan warga.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pencuri kotak amal di masjid At-Taubah Perumahan Wisma Sarinadi Kecamatan Sidoarjo Kota ditangkap oleh warga. H (15), warga Jolomo RT 13 RW 06 Kecamatan Sidoarjo Kota berusaha mengambil isi kotak amal yang ditaruh di dalam masjid. Namun, aksinya diketahui oleh satpam yang sedang keliling di area perumahan, Mulyono (53).

Saat melintas masjid tiba-tiba, Mulyono melihat ada seseorang di masjid. Dengan spontan dia langsung menghubungi warga bahwa di masjid ada seseorang. Warga langsung mengepung area masjid untuk digerebek.

Usai dikepung, saat itu juga diteriaki maling oleh warga. Teriakan itu membangunkan warga yang sedang tidur. Warga pun berdatangan, pelaku akhirnya berhasil ditangkap karena tidak bisa melarikan diri.

Pelaku maling kotak amal itu hampir saja menjadi amukan warga sekitar. Sebab, warga sudah kesal lantaran isi kotak amal sering hilang dicuri maling. "Hampir tiap Rabu kotak amal di masjid itu hilang dicuri maling. Warga tadi sempat mengintai pelaku, karena pelaku beraksi saat malam hingga dini hari antara hari Rabu dan Kamis," terang Andi, salah satu warga.

Apalagi, proyektor yang biasa digunakan untuk mengaji juga ikut hilang. "Bukan hanya kotak amal yang kerap hilang dicuri maling, minggu kemarin proyektor juga hilang, keterlaluan maling ini, sangat biadab," jelasnya.

Untungnya, pelaku tidak jadi amukan warga yang kesal atas perbuatan itu. Kepada warga, pelaku mengaku baru pertama kali ini melakukan aksinya. "Cuma pisan pak, konco kulo sing sering, (Cuma sekali pak, teman saya yang sering)," dalih pelaku kepada warga saat diamankan di halaman salah satu rumah warga.

Pelaku yang merupakan warga tetangga RT itu mengaku jika dirinya beserta tujuh teman lainnya hendak mencuri kotak amal itu. "Tadi tujuh orang pak, keenam lainnya lari, saya baru kali ini, lainnya yang sering," ungkapnya.

Meski demikian, warga akhirnya menyerahkan persoalan itu ke pihak Polsekta Sidoarjo. Petugas baru tiba sejam setelah kejadian itu mengamankan pelaku beserta kotak amal berisikan uang yang ditaksir mencapai jutaan rupiah itu. (cat/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO