Razia Pusat Perbelanjaan, Tim Gabungan di Pacitan Temukan 9 Mamin Tak Layak Konsumsi

Razia Pusat Perbelanjaan, Tim Gabungan di Pacitan Temukan 9 Mamin Tak Layak Konsumsi Tim Pengawasan Mamin Pacitan saat melakukan sidak di sebuah pusat perbelanjaan di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Tim Pengawasan Makanan dan Minuman Kabupaten menemukan beberapa jenis makanan yang sudah kadaluwarsa namun masih saja diperjual-belikan secara bebas. Makanan yang sudah tak layak konsumsi tersebut ditemukan tim pengawas yang terdiri dari unsur Kepolisian, Satpol PP serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ‎di sebuah pusat perbelanjaan ternama yang ada di .

Beberapa makanan yang sudah expired tersebut seperti jenang dodol, madu mongso, serta roti merek tertentu. Selain sudah kadaluwarsa, kemasan dari makanan itu banyak yang rusak. 

"Sedikitnya ada sembilan item makanan yang kami amankan dari salah satu pusat perbelanjaan di ," kata Bekti Kabid Perlindungan Konsumen, Disperindag , di sela-sela melaksanakan sidak, Senin (19/6).

Data yang diperoleh wartawan, beberapa makanan tak layak konsumsi itu di antaranya tidak ada label expired sebanyak 85 makanan, kemasan rusak sebanyak 4 makanan, dan sudah kadaluwarsa sebanyak 5 makanan.

‎"Beberapa makanan itu kami amankan di Mapolres. Rencananya pihak kepolisian akan memanggil pengusaha atau penerima produk makanan tersebut guna dimintai keterangan," jelasnya.

Sementara itu Kapolres AKBP Suhandana Cakrawijaya saat dikonfirmasi melalui Ipda M. Prasetyo, Kanit 4 Satreskrim, mengatakan kasus penemuan makanan tak layak konsumsi itu akan segera ditindaklanjuti.

"Pengusaha atau penerima dari produk makanan itu akan kami mintai keterangan. Sebab ini persoalan serius yang bersinggungan dengan keselamatan konsumen," katanya, secara terpisah.

"Namun demikian, Kepolisian lebih mengedepankan langkah-langkah persuasif dalam menyikapi persoalan tersebut. Yang jelas mereka akan kami berikan pembinaan," tegasnya. (pct1/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO