Ajak Masyarakat Berpola Hidup Sehat, Pemkab Nganjuk Bakal Launching 'Germas' Agustus Mendatang

Ajak Masyarakat Berpola Hidup Sehat, Pemkab Nganjuk Bakal Launching Para peserta saat menerima paparan dari Kepala Bappeda Gunawan Widakdo, pada acara forum diskusi Germas yang akan dilaunching. foto: BAMBANG DJ/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Nganjuk menggelar forum diskusi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), Kamis (18/5). Acara ini dihadiri Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Prov Jatim, Kepala Bappeda Nganjuk Drs Gunawan Widagdo, serta para pimpinan SKPD Nganjuk.

Plt Sekretaris Daerah Nganjuk, Agus Subagiyo saat membuka acara menyampaikan bahwa forum ini digelar atas latar belakang Indonesia yang tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain.
Dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktifitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Saya harap dengan akan diresmikannya Germas bisa memberikan dampak positif terhadap kesehatan,” kata Agus.

Sementara Kepala Bappeda Drs Gunawan Widagdo menjelaskan bahwa Germas akan dilaunching Agustus mendatang.

"Prinsip dari Germas adalah kerjasama multi sektor dan pemangku kepentingan, antara sektor kesehatan, akademisi, LSM dan sektor-sektor lainnya," kata Gunawan, kepada Bangsaonline.com, Kamis (18/05).

Dijelaskan Ginawan, secara umum Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

"Kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas peningkatan aktivitas fisik teratur dan terukur; peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat; penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, melalui kosumsi buah, sayuran dan ikan; peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit; peningkatan kualitas lingkungan; dan peningkatan edukasi hidup sehat," pungkasnya. (bam/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Jelang Lebaran, Pemkab Nganjuk Gelar Gerakan Pangan Murah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO