Lima Fraksi DPRD Jombang Jajaki Koalisi untuk Pilbup 2018

Lima Fraksi DPRD Jombang Jajaki Koalisi untuk Pilbup 2018

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Lima fraksi DPRD Kabupaten Jombang memiliki cara tersendiri untuk mempersiapkan keikutsertaannya dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati setempat 2018 mendatang. Mereka mencoba membangun koalisi untuk mengusung calon dalam perhelatan pesta demokrasi di kota santri.

Lima fraksi tersebut yakni Partai Keadilan Sosial (PKS), Nasional Demokrat (Nasdem), Gerindra, Hati Nurari Rakyat (Hanura) dan Demokrat. Dalam konferensi pers-nya, Juru Bicara (jubir) koalisi Kartijo mengatakan, jika pertemuan tersebut masih sebatas penjajakan

“Sekarang ini kita mengadakan pertemuan dengan beberapa ketua-ketua fraksi, di antaranya PKS, Gerhan, Demokrat, dan Nasdem. Pertemuan ini untuk menjajaki potensi koalisi dalam Pilbup 2018 nanti,” kata Kartijo, Rabu (17/5/2017).

Kartijo yang juga ketua Fraksi Gerhan ini menjelaskan, lima partai yang melakukan penjajakan ini memiliki peluang yang cukup besar untuk mengusung calon dalam panggung Pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018 nanti. Sedikitnya, mereka sudah memiliki 19 kursi di DPRD.

“Jumlah 19 kursi itu cukup untuk memunculkan alternatif balon bupati. Karena sesuai dengan ketentuan KPU, jumlanya 20 persen dari kursi di DPRD atau 10 kursi,” imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut, para ketua fraksi juga sudah mengantongi nama-nama yang nantinya akan di tawarkan dalam penjajakan koalisi ini.

“Ini tidak mendahului ketua partai, karena pertemuan ini sudah seizin ketua partai. Kami juga sudah sepakat jika pertemuan ini akan ditindaklanjuti oleh ketua partai dalam rangka penjajakan komunikasi berikutnya dan menentukan agenda koalisi poros kebersamaan,” terangnya.

Disinggung terkait dengan siapa nama-nama balon yang diusung oleh masing-masing partai, Kartijo masih enggan membeberkannya. Ia menyatakan, hal itu akan disampaikan pasca pertemuan para ketua partai dilakukan.

“Sekarang masih terlalu dini. Nantilah, kalau sudah ada kesepakatan bahwa lima partai berkoalisi, pasti akan kita sampaikan. Sekali lagi, ini sebatas penjajakan, tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan dari partai lain yang masuk,” tandasnya.

Dalam pertemuan yang digelar di rumah makan D’Cangkruk itu, tampak hadir Ketua fraksi PKS Rochmad Abidin, Ketua Fraksi Gerhan Kartijo, Ketua Fraksi Demokrat Novita Eki Wardani, Ketua Fraksi Nasdem Suwanto, serta dua anggota DPRD dari partai Gerindra, yakni Machin dan Iwan Triaksono. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO