Dewan Minta Pemkab Pasuruan Siapkan Langkah untuk Atasi Lonjakan Harga Bahan Pokok saat Ramadhan

Dewan Minta Pemkab Pasuruan Siapkan Langkah untuk Atasi Lonjakan Harga Bahan Pokok saat Ramadhan

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Jelang bulan puasa biasanya kebutuhan masyarakat akan bahan pokok mengalami kenaikan yang cukup besar. Akibatnya, harga sembako juga ikut merangkak naik akibat permintaan yang tidak sebanding dengan ketersedian pasokan produk. Fenomena seperti ini hampir setiap tahun terjadi. Untuk mengatisipasinya, maka diperlukan upaya preventif yang nyata. Hal ini lah yang harus disiapkan .

Kalangan dewan mendesak kepada Dinas terkait agar melakukan upaya antisipasi agar masyarakat kecil tidak menjadi resah dengan kenaikan harga-harga. Desakan tersebut disampaikan oleh Sektretaris Komisi II Muhammad Zaeni. Politisi PKS ini meminta menyiapkan langkah antisipasi berupa pasar murah jelang bulan Ramadhan.

“biasanya jelang puasa kebutuhan pokok melangalami lonjakan serta kenaikkan harga. Untuk itu pihak Pemkab harus segera melakukan antisipasi,“ jelas politisi PKS ini.

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Irianto yang dikonfirmasi terkait hal mengatakan pihaknya memang akan menggelar pasar murah jelang bulan puasa ini. Kata dia, Pemkab akan menggelar pasar murah di beberapa titik.

"Kegiatan tersebut akan melibatkan semua OPD (organisasi perangkat daerah, red) seperti Dinas Disperindag, bagian Perekonomian, Pertanian, serta Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan," terangnya.

"Rencana kegiatan itu (pasar murah, red) pasti ada. Saat ini masih dalam taraf pembahasan dengan bebebarapa OPD yang dikordinir bagian perekonomian," imbuh mantan kepala BKD ini.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga stabilitas harga sembako jelang puasa Ramadhan atau jelang hari raya Idul Fitri.

"Tujuan lainnya adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan baik. Kalau untuk tanggal dan waktunya masih belum bisa ditentukan karena akan dirapatkan dulu oleh tim OPD terkait," tambah Irianto. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO