50 Kecamatan di Jatim Berpontensi Longsor Risiko Tinggi, Ini Rinciannya

50 Kecamatan di Jatim Berpontensi Longsor Risiko Tinggi, Ini Rinciannya Longsor di Ponorogo nampak dari drone.

SURABAYA, BANGSAONLIE.com - Bencana tanah longsor telah melanda Ponorogo dan Nganjuk. Masyarakat yang tinggal di dataran tinggi tampaknya kini harus meningkatkan kewaspadaan. Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, ada 50 wilayah kecamatan yang tercatat memiliki potensi longsor risiko tinggi.

"Lima puluh kecamatan dengan potensi longsor risiko tinggi itu ada 12 kabupaten/kota," kata Kepala Pelaksana BPBD Jatim Sudarmawan, Senin (10/4).

Dua belas daerah itu Ponorogo (9 kecamatan), Trenggalek (3 kecamatan), Tulungagung (4 kecamatan), Blitar (8 kecamatan), Malang (2 kecamatan), Jember (11 kecamatan), Banyuwangi (1 kecamatan), Bondowoso (2 kecamatan), Nganjuk (2 kecamatan), Magetan (2 kecamatan), Gresik (3 kecamatan), Kota Batu (3 kecamatan).

"Kalau wilayah yang paling banyak terjadi longsor tahun 2016 lalu adalah Trenggalek sebanyak 39 kejadian, Pacitan 19 kejadian, dan Ponorogo sebanyak 14 kejadian. Lalu tahun 2017 ini terbanyak tetap Trengalek 11 kejadian, Ponorogo 7 kejadian, serta Malang, Situbondo, dan Tuban masing-masing 3 kejadian," papar mantan Sekda Bangkalan ini.

Lebih lanjut diterangkan, untuk data kejadian longsor selama tahun 2016 total 155, sedangkan tahun 2017 hingga Maret lalu 40 kejadian. Sebagai langkah antisipasi terhadap setiap bencana yang terjadi, BPBD Jatim memiliki program Desa Tangguh Bencana.

Kata Sudarmawan, tujuan program ini menyiapkan masyarakat mandiri. "Mereka juga kita bintek tentang renkon (rencana kontijensi)".

Ketiga adalah tanggap darurat, menjadi cepat respon time. Sehingga dengan ini bisa membangun kemandirian.

"Di Jatim, yang berisiko tinggi ada 540 desa. Sampai sekarang masih 260 yang desa tangguh bencana. Ke dapan akan terus diupayakan agar semuanya menjadi Desa Tanggap Bencana," tegas dia.

Lihat juga video 'Setahun Tak Ada Kabar, Korban Longsor di Desa Ngetos Nganjuk Tagih Janji Relokasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO