Gelar Workshop Technopreneurship, Rektor Unirow Ajak Mahasiswa Berwirausaha

Gelar Workshop Technopreneurship, Rektor Unirow Ajak Mahasiswa Berwirausaha Rektor Unirow Supiana Dian Nurjhahyani, menyerahkan proposal bisnis kepada Kabid Kerjasama dan Bisnis Teknologi Puspiptek, Dadang Nugraha. foto: GUNAWAN/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Universitas PGRI Ronggolawe () Tuban bekerja sama dengan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) menggelar Workshop Teknologi di perpustakaan kampus setempat, Rabu (22/3).

Dalam acara itu, Rektor Tuban Supiana Dian Nurjhahyani mengajak para mahasiswa mampu menggunakan teknologi dengan hal-hal yang positif, terutama dalam bidang entrepreneur atau wirausaha.

"Di dalam era teknologi yang semakin pesat ini, mahasiswa harus memanfaatkan sebaik-baiknya untuk peluang berwirausaha. Adanya workshop ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa agar bisa memanfaatkan teknologi guna meningkatkan peluang usaha," papar Dian.

Sementara itu Kabid Kerjasama dan Bisnis Teknologi Puspiptek, Dadang Nugraha menjelaskan, melalui workshop ini, para mahasiswa yang sudah memiliki minat usaha, akan dibina dan diajari cara-cara pembuatan proposal bisnis, juga cara pemasaran produk menggunakan teknologi.

Ia merincikan, hingga saat ini sudah terdapat 143 proposal bisnis yang diajukan. Namun, setelah dilakukan seleksi, hanya 100 proposal bisnis yang dinyatakan lolos seleksi.

"Melalui workshop teknologi ini kita akan menumbuhkan sebanyak-banyaknya wirausaha muda. Sebab menurut penelitian, suatu negara akan maju jika 2% dari jumlah penduduknya wirausaha," jelasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban, Endang Trimeidiya menambahkan bahwa workshop seperti ini sangat penting, untuk menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Untuk itu para pengusaha lokal harus mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, Produk lokal harus dapat bersaing dengan produk luar negeri," ujarnya.

"Setelah lulus universitas, mahasiswa diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan memanfaatkan teknologi dan intelektualnya," harapnya.

Selain dihadiri mahasiswa , workshop ini juga dihadiri mahasiswa dari PTS di Lamongan, Jombang dan Kediri. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO