Khofifah Takjub, Kampung Gepeng Kini jadi Kampung Wisata Topeng

Khofifah Takjub, Kampung Gepeng Kini jadi Kampung Wisata Topeng

MALANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kekaguman dan rasa takjub melihat perubahan yang terjadi di Kampung Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) kini telah berubah menjadi Kampung Wisata Topeng di Desaku Menanti Dusun Baran Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Malang.

“Saya melihat wajah-wajah bahagia hari ini, dan saya bersyukur warga yang sebelumnya gelandangan, pengamen, dan pengemis kini perlahan sudah lebih mandiri, punya usaha sendiri dan nyaman tinggal di rumahnya masing-masing,” tuturnya kepada warga penerima manfaat Program “Desaku Menanti” di Dusun Baran, Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, Minggu (12/3).

mengaku kagum menyaksikan perubahan di kampung berpenghuni 40 Kepala Keluarga ini. Dikatakan, lingkungan kampung tampak bersih, area bermain anak yang memadai, toilet umum, pusat makanan (foodcourt), tanaman gantung tertata rapi di gapura kampung. Taman-taman bunga, dua topeng raksasa berdiri tegak melatarbelakangi hunian tetap warga. Sementara itu, sejumlah anak-anak tampak duduk rapi menghias topeng-topeng mini dengan cat warna-warni. Sedangkan beberapa orang dewasa menjaga etalase kaca berisi topeng-topeng Malangan yang dijual mulai Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per topeng.

“Saya senang melihat perubahan positif ini. Apalagi dengan upaya keras Dinas Sosial Kota Malang bersama Pemkot Malang yang telah ‘menyulap’ kampung ini menjadi Kampung Wisata Topeng. Ini gagasan yang sangat kreatif,” katanya.

berharap dengan adanya Kampung Wisata Topeng, warga terdorong untuk melakukan usaha-usaha ekonomi kreatif dengan pendampingan yang dilakukan baik pemda maupun swasta.

Seperti diketahui, Kampung Gepeng yang kini telah menjadi Kampung Wisata Topeng ini merupakan bagian dari Program Rehabilitasi Sosial gelandangan dan pengemis melalui pengembangan model program Desaku Mananti. Program ini merupakan solusi efektif untuk mewujudkan Indonesia Bebas Gelandangan, Pengemis dan Anak Jalanan pada akhir 2017.

Sebelumnya, 40 Kepala Keluarga warga Desa Baran adalah gelandangan, pengemis, dan pengamen jalanan. Kementerian Sosial bersama dengan Pemerintah Kota Malang, didukung BUMN dan swasta menyerahkan 40 unit rumah sebagai tempat tinggal baru berikut dengan isi rumah.

Sumber: *Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO