Kupas Soal Jasa Pungut Pajak, Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Raih Gelar Doktor

Kupas Soal Jasa Pungut Pajak, Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Raih Gelar Doktor BANGGA: Dr H Emir Firdaus ST MM pose bersama keluarganya usai meraih gelar doktor di Untag Surabaya, Kamis (16/2) lalu. foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua H Emir Firdaus ST MM patut menjadi teladan. Di tengah kesibukannya sebagai wakil rakyat, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini berhasil meraih gelar doktor ilmu administrasi. Gelar S-3 ini diraihnya setelah mengupas soal jasa pungut (japung).

Dr H Emir Firdaus ST MM lulus ujian S-3 dengan predikat Sangat Memuaskan dalam sidang terbuka yang diuji oleh delapan profesor di Universitas 17 Augustus 1945 (Untag) di Surabaya, Kamis (16/2) pekan lalu.

"Alhamdulillah saya akhirnya bisa menyelesaikan program doktoral di Untag Surabaya dengan sangat memuaskan," cetusnya kepada wartawan di gedung , Selasa (21/2).

Gelar doktor diraih Emir dengan disertasi berjudul Evaluasi Kebijakan Pemberian dan Pemanfaatan Insentif Pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kabupaten Sidoarjo. Dalam disertasinya, pria yang juga menjabat Sekretaris DPD PAN Sidoarjo ini menyoroti soal ketimpangan dalam pembagian insentif pemungutan. Sebab, insentif dibagi proporsional berdasarkan jabatan.

Sehingga pejabat berpangkat tinggi, mendapatkan insentif tinggi. Sedangkan pemungut di bawahnya, meski bekerja keras memungut pajak daerah, karena pangkatnya rendah, maka pembagiannya juga rendah.

Isu tersebut yang dikupas oleh Emir Firdaus dengan menyatakan bagian insentif seharusnya berbasis kinerja. "Aparatur yang susah payah menggali dan meningkatkan PAD harus diberi insentif yang sesuai," jlentrehnya.

Kini wakil rakyat tiga periode di ini patut berbangga dengan gelar doktor yang diraihnya tersebut. Sebab tidaklah mudah untuk mencari data terkait japung guna menyusun disertasi tersebut.

Apalagi itu dilakukannya di sela kesibukan sebagai wakil rakyat di dan pengurus DPD PAN Sidoarjo. Kini Emir Firdaus menjadi satu-satunya wakil rakyat di yang menyandang gelar doktor. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO