Booming, Proyek Bedah Kampung di Kota Mojokerto Malah Dihentikan

Booming, Proyek Bedah Kampung di Kota Mojokerto Malah Dihentikan Irda Nurisma

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Tak dinyana, dua tahun berjalan, proyek Bedah Kampung yang ditelurkan Pemkot Mojokerto sebagai program pro rakyat naik daun. Proyek bedah lingkungan ini jadi menarik minat pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meguru ke Kota Onde-onde dan sedianya mengaplikasikan program ini untuk proyek nasional.

Tapi apesnya, tahun ini pemda setempat malah menghentikan kegiatan yang telah merenovasi lingkungan 27 Rukun Warga (RW).

"Tahun ini program Bedah Kampung sudah tidak ada, sudah dihentikan," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kota Mojokerto, Hariyanto, Rabu (8/2).

Mantan kepala Dinas P dan K ini membantah program tersebut dihentikan karena gagal. "Bukan, namun dialihkan untuk program yang sama. Hanya saja sasaran RW bukan kampung," tepisnya.

Hariyanto membeberkan, program baru ini bukan lagi ia tangani. Namun oleh pihak Kecamatan. "Pengguna anggarannya (PA) Kecamatan. Hanya saja nama (kegiatannya) belum ditentukan," tambahnya.

Sasaran program bedah RW ini nantinya, kata ia, mencapai 120 RW yang belum tersentuh bedah kampung. Sebanyak 27 RW tidak kena proyek ini lantaran sudah mendapat proyek perbaikan lingkungan. "Baru tahun 2018 nanti, semua RW dapat proyek lagi," pungkasnya.

Apresiatifnya Kemendagri terhadap proyek bedah kampung ini meluncur langsung dari mulut Irda Nurisma, Analis Program Pemda di Dirjen Otda Kemendagri. Dalam kunjungannya ke Lingkungan Tenggilis, Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajuritkulon kemarin, ia mengaku tertarik dengan proyek ini.

"Kami mendengar Kota Mojokerto ada Program Bedah Kampung. Sebagai kota yang paling sering mendapat penghargaan dari pemerintah, kami perlu tahu itu. Kalau umumnya bedah rumah ya seperti itu, kalau Bedah Kampung ini spesifik karena tak hanya menyentuh hal fisik, namun mental dan karaktet masyarakat," akunya.

Ia mengaku terkesima dengan upaya pemda menyulap lingkungan kumuh menjadi asri, terang dan nyaman. "Hal ini akan kami bukukan dan ditularkan daerah lain," pungkas ia. (yep/ris/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO