Warga Bandar Swadaya Tebar Benih Ikan Nila di Sungai

Warga Bandar Swadaya Tebar Benih Ikan Nila di Sungai

PACITAN,BANGSAONLINE.com- Sadar akan pentingnya menjaga populasi ikan di sungai, warga Desa Bangunsari, Kecamatan Bandar, Kabupaten , melakukan tebar benih ikan nila di sepanjang sungai Pelem Sengir, Gragah.

Tebar benih tersebut dilakukan rutin setiap 6 bulan sekali. Tidak tanggung-tanggung, jumlah benih yang ditebar pun rata-rata berjumlah 10 ribu ekor.

"Kebetulan di Desa Bangunsari penduduknya adalah petani ikan nila. Dan setiap 6 bulan sekali kami selalu panen, jadi selain sebagai petani pribadi, kami menebar benih di sungai sepanjang 6 meter untuk masyarakat umum," kata Muryono, Ketua Kelompok Petani Ikan, Mina Sari, Rabu (8/2).

Menurutnya, masyarakat di desa tersebut, membebaskan siapapun untuk mengambil ikan di sungai itu dengan cara memancingnya. Namun mereka dilarang keras menggunakan strum atau jaring, atau alat tangkap lain yang dinilai membahayakan. ‎

"Tujuan tebar benih, selain untuk restock ikan, juga untuk bagi -bagi kepada masyarakat umum. Silakan pancing tapi tetep jaga kelestarian sungai. Jangan pakai potas. Kasian ikan- ikan kecil akan ikut mati," jelasnya pada wartawan. (pct1/yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO