Mensos Minta Pemda dan Dinsos Tingkatkan Kualitas Layanan kepada Penerima Bansos

Mensos Minta Pemda dan Dinsos Tingkatkan Kualitas Layanan kepada Penerima Bansos

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta jajaran Pemerintah Daerah dan Dinas Sosial di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada penerima manfaat berbagai program pengentasan kemiskinan.

"Tahun 2017 kita sudah memasuki era penyaluran bansos nontunai. Saya minta seluruh jajaran pemda dan dinsos untuk siap dalam memberikan layanan terbaik. Yakni pelayanan yang cepat, akurat dan akuntabel," kata dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial di Jakarta, Senin pagi.

Dalam rakornas yang dihadiri Kepala Daerah dan Kepala Dinas Sosial seluruh Indonesia ini, menegaskan percepatan penyaluran bantuan sosial tidak bisa ditawar-tawar lagi. Sebab rakyat menunggu dan berharap bantuan sosial dapat meringankan beban hidup dan menopang kebutuhan sehari-hari.

Apalagi, lanjutnya, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan agar semua bantuan sosial diberikan dalam bentuk nontunai, melalui perbankan dan diintegrasikan dalam satu sistem penyaluran.

"Saya mohon dalam memasuki era bansos nontunai ini, ada perubahan paradigma berpikir dan bertindak. Jangan lagi berpikir asal bansos tersalurkan, tapi perbaiki mutu layanannya, tangani segera bila ada masalah di lapangan. Ingatlah bahwa tujuan besar kita adalah masyarakat terentas dari kemiskinan, anak-anak bisa sekolah dan tercukupi gizinya, agar rakyat sejahtera," terang Khofifah.

Dinsos Jangan Digabung

Dalam Kesempatan tersebut, kembali menyoroti masih banyaknya Dinas Sosial di daerah yang tidak berdiri sendiri atau bercampur dengan bidang lain. Menurutnya, kondisi ini juga menjadi hambatan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kesejahteraan sosial di Indonesia.

Sumber: Biro Humas Kemensos RI

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO